PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK-ANAK TPA MUTIARA AL HADI RT 22 RW 04 IMOPURO

Yassmika Baihaqi, Ian Harum Prasasti, Fitri Palupi K

Abstract


Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang sudah dilakukan adalah program bimbingan belajar untuk pelajaran di sekolah bagi siswa sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di RT 22 RW 04 Kelurahan Imopuro, Metro Pusat. Program bimbingan belajar ini bertujuan membantu siswa SD-SMP untuk menguasai materi pelajaran tingkat dasar dan pertama dengan baik.  Dan untuk memberikan kesadaran Kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan walaupun Kegiatan disekolah sudah full day school.  Dalam kegiatan ini kami memilih PKM bimbingan belajar ini Menyiapkan anak-anak Menuju Adaptasi Kebiasaan baru bersama Mahasiswa PKM Universitas Muhammadiyah Metro. Bimbingan belajar merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan diluar jam sekolah dengan membahas seputar pelajaran yang diajarkan di sekolah, dan dimana kegiatan bimbingan belajar ini dilaksanakan dengan santai dan tidak terikat oleh waktu. Sampai saat ini, bimbingan belajar sudah menjadi suatu kegiatan yang sudah dilakukan oleh para pelajar. Bimbingan belajar bukan hanya tentang menyelesaikan tugas sekolah melainkan kegiatan pengayaan secara mendalam. Serta membahas tentang ilmu pengetahuan sehingga siswa/pelajar dapat memahami sebuah mata pelajaran atau materi dengan baik. Hasil dari pengamatan banyak masyarakat yang kurang kesadaran akan pentingnya melakukan kegiatan belajar tambahan pada anak-anak mereka, hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya belajar tambahan, dan karena faktor ekonomi serta kurangnya fasilitas dan ruang untuk melakukan bimbingan belajar. Dengan adanya gambaran situasi yang sekarang, usaha peningkatan pengetahuan tentang pentingnya pemahaman tentang bimbingan belajar maka. sangat perlu untuk mengadakan bimbingan belajar di sekitar lingkungan masyarakat. dari kegiatan PKM ini diharapkan bimbingan belajar mampu menambah arahan dalam pemahaman akan pentingnya melakukan kegiatan belajar tambahan yang tentunya dibimbing oleh tenaga yang ahli dibidangnya di sekitar kita terutama pada masyarakat RT 22 RW 04 Kelurahan Impuro

Full Text:

Untitled

References


Afia, N., Muzdalifah, L., Firdausi, N., Wigati, T., & Kristina, D. G. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar melalui Kegiatan Bimbingan Gratis di Desa Tulangan untuk Mencapai SDG’s Poin ke-4 Pendidikan Berkualitas. Nusantara Community Empowerment Review, 1(2), 87-94.

Batubara, Z., Sembiring, A., & Surbakti, I. (2022). PENGABDIAN MASYARAKAT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK DESA BANGUN REJO TANJUNG MORAWA DI MASA PANDEMI COVID 19: INDONESIA. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1501-1506.

Dewi, M. S. A. (2022). Melaksanakan Pendampingan Bimbingan Belajar Bagi Anak Usia SD Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 77-83.

El-Yunusi, M. Y. M., Arifin, S. F. A. A., Sandy, D. P. A. S., Musawir, M., & Ghozali, S. (2023). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Belajar “Anak Sholeh” melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Desa Tebel Gedangan Sidoarjo. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 01-11.

Lainsamputty, J. M., Sugiarto, S., Lestari, L., Souhoka, R., Dolwoy, M. R., Lakuteru, S. D., ... & Tetrapoik, N. (2023). Meningkatkan Kesadaran Belajar Melalui Bimbingan Belajar Pada Anak-Anak Dusun Syota. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 400-405.

Listari, M. (2022). Membangun Motivasi Anak Mengaji Melalui Program Bimbingan Belajar Di Masjid Al-Hikmah Desa Benteng. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 6(3), 145-147.

Praptiningsih, P., Yuliyanti, E., Rachmawati, R., & Rahmawati, Q. L. (2022). Peningkatan Motivasi dan Bimbingan Belajar Masa Pandemi Covid-19 bagi Anak Sekolah di RW 12 Kelurahan Serengan Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Maspul Journal Of Community Empowerment, 4(1), 44-52.

Putri, O. F. (2022). Pengabdian masyarakat meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris anak-anak desa gunung raja di masa pandemi covid 19. Griya Cendikia, 7(1), 21-29.

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan belajar siswa di rumah melalui kegiatan bimbingan belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 2(02).

Veronica, D., & Nasution, E. Y. P. (2022). Program bimbingan belajar (Bimbel) matematika untuk siswa SD di Desa Semerap pada era pandemi Covid-19. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 4(1), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.