PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL KOMIK MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SISWA

Chi Chi Karlina, Rosida Rakhmawati

Abstract


Abstrak

Penggunaan media dan bahan ajar yang sederhana dan seadanya membuat siswa mendapatkan nilai yang sangat rendah. Berdasarkan hasil pre-study yang dilakukan di SLB Dharma Bhakti Pertiwi kelas VIII hanya 2 dari 6 siswa yang memiliki penguasaan dalam pembelajaran matematika, sebanyak 65% peserta peserta didik memproleh nilai di bawah standar KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan materi pengajaran matematika komik tentang Anak Penyandang Cacat yang ditentukan sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai (2) menentukan apakah materi pengajaran pembelajaran pembelajaran matematika dalam bentuk komik matemtatika efektif untuk mengaplikasikan pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE dengan 5 tahap pengembangan, yaitu (1) Analisis (2) Perencanaan (3) Pengembangan Pr oduk (4) Aplikasi (5) Evaluasi. Hasil penelitian itu adalah soal pengajaran pembelajaran matematika dalam bentuk komik atematika tentang kebutuhan khusus anak (ABK) Siswa Kelas V III Dalam Materi flat build.

Kata kunci: bahan ajar, komik matematika, anak berkebutuhan khusus (ABK).

 


Full Text:

PDF

References


Fuad Ihsan. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan . Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyaning Suryaningrum Dan Tri Muji Ingarianti. (2016). “Pengembangan Model Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Pada Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kota Malangâ€. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 4, No. 1 62–7 4.04.

Neneng Herawati. (2018). “Wawancara dengan peneliti, gurukelas TunaGrahita SLB Dharma Bhakti Pertiwi,â€. 25 mei 2018.

Rusmiati. (2017). "Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyoâ€. Ultility : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, Vol.1, No.1.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AlfaBeta.




DOI: https://doi.org/10.52657/je.v6i1.1161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat