Penggunaan Model-Eliciting Activities (MEAs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Pada Pembelajaran Geometri Transformasi

Septiana Wijayanti, Triyono Triyono, M. Wahid Syaifuddin

Abstract


Abstrak

 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir reflektif dan hasil belajar matematika dengan menggunakan Model-Eliciting Activities (MEAs). Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Geometri Transformasi. Data berupa RPP, foto, observasi, daftar nilai dan hasil tes. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan tes prestasi belajar matematika. Uji validasi data melalui observasi terus menerus dan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan dengan menggunakan Model-Eliciting Activities (MEAs) meningkatkan kemampuan berpikir reflektif, hal ini terlihat dari siklus I jumlah mahasiswa yang mempunyai kemampuan berpikir reflektif sebanyak 6 mahasiswa (25%) menjadi 15 mahasiswa (62.5%) pada siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan Model-Eliciting Activities (MEAs) juga meningkatkan hasil belajar matematika, terlihat dari mahasiswa yang tuntas dalam KKM sebelum dilakukan tindakan 8 mahasiswa (33.33%), setelah dilakukan tindakan pada siklus I mahasiswa yang tuntas sebanyak 9 mahasiswa (37.5%) meningkat menjadi 14 mahasiswa (58.33%) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar juga tampak dari rerata klasikal sebelum diberikan tindakan sebesar 57.92; setelah diberikan tindakan pada siklus I menjadi 67.79 serta rerata pada siklus II menjadi 75.42.

Kata Kunci: Model-Eliciting Activities (MEAs), berpikir reflektif, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bugg, E. G., & Dewey, J. (2006). How We Think: A Restatement of the Relation of Reflective Thinking to the Educative Process. The American Journal of Psychology. https://doi.org/10.2307/1415632.

Fuady, A. (2017). Berfikir reflektif dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 104–112.

Gurol, A. (2011). Determining the reflective thinking skills of pre-service teachers in learning and teaching process. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies.

Hollebrands, K. F. (2003). High School Students’ Understanding of Geometric Transformations in the Context of a Technological Environment. Journal of Mathematical Behavior, 22(1), 55–72.

Jumaidi. (2017). Penerapan Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XII SMA N 2 Yogyakarta. Aksioma, 8(2), 43–49.

Suharna, H. (2012). Berpikir Reflektif (Reflective Thinking) Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemahaman Masalah Pecahan. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema â€Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa" (pp. 377–386). Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat