Model Pembelajaran Bamboo Dancing dengan Pendekatan CTL

Vina Ruliyanti, Siti Rahayu

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran bamboo dancing  menggunakan pendekatan CTL lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran bamboo dancing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII  MTs Islamiyah Sukoharjo. Instrumen penelitian berupa tes uraian. Analisis data menggunakan uji-t dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran bamboo dancing dengan pendekatan CTL lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diperoleh melalui model pembelajaran bamboo dancing tanpa menggunakan pendekatan CTL.

 

Kata kunci :bangun ruang sisi datar,bamboo dancing, CTL


Full Text:

PDF

References


Karunia, M Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Rafika Aditama.

Kurniati dkk. (2015). “Matematical Critical Thinking Ability Through Contextual Teaching and Learning Aproachâ€. IndoMS-JME, volume 6. no 1.

Sumarna Surapranata. (2009). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interprestasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Prenada Gorup




DOI: https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat