Analisis Penalaran Matematis Pada Operasi Baris Elementer Untuk Menyelesaikan Persamaan Linier
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan penalaran matematis operasi baris elementer untuk menyelesaikan persamaan 2) penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif 3) hasil penelitian ini adalah rata-rata siswa masih belum dapat membuktikan dasar operasi baris dengan benar. Terlihat bahwa 100% siswa yang mencapai indikator mengajukan kecurigaan, 38% indikator jangkauan manipulasi matematika, 38% indikator jangkauan menemukan pola atau ciri-ciri gejala matematika untuk digeneralisasi, 38% indikator jangkauan menyusun bukti yang memberikan alasan atau bukti kebenaran. solusi, 38% mencapai indikator menarik kesimpulan dari pernyataan, dan 38% mencapai indikator memeriksa validitas argumen.
Kata kunci: Penalaran Matematis, Penalaran, Manipulasi Matematika
Full Text:
PDFReferences
Bani, A. (2011). “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbingâ€. Edisi Khusus (1). 12-20.
Cahyadi, R (2018). “Prokrastinasi akademik Mahasiswa Pada Mata kuliah Aljabar Linierâ€. Jurnal e-dumath. Vol.4 46-57 https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/587
Depdiknas. 2004. Peraturan tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik SMP No.506/C/Kep/PP/2004 Tanggal 11 November 2004. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas
Muharom, T. (2014). “Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalayaâ€. Jurnal Pendidikan dan Keguruan 1(1). 1-11.
DOI: https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.