Pembelajaran Daring dengan Intervensi Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19

Sulistiani Sulistiani, Suminto Suminto, Ari Suningsih

Abstract


 

Abstrak

Pandemi Covid-19 di Indonesia membuat sistem pembelajaran berubah menjadi pembelajaran daring, sehingga kreatifitas guru mengembangkan media dan metode pembelajaran daring  menjadi penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara pembelajaran daring menggunakan media group WhatsApp dengan media group WhatsApp yang diberikan intervensi video pembelajaran. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII (8C, 8D, 8E, dan 8F) SMP N 1 Air Naningan, dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih 30 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal materi persamaan garis lurus yang berjumlah 5 soal. Data sampel diolah dengan uji t-berpasangan (Paired Samples Test) yang dilakukan pada kedua kelompok. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media group WhatsApp dengan rata-rata hasil belajar siswa  menggunakan media group WhatsApp yang diberikan intervensi video pembelajaran. Hasil lain menunjukan pembelajaran daring dengan menggunakan media group WhatsApp dengan intervensi video pembelajaran lebih baik dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Air Naningan di masa Pandemi Covid-19.

 

Kata Kunci : Pembelajaran daring, Group WhatsApp, Video Pembelajaran,  

                   Hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Agung Rachmat dan Iwan Krisnadi. (2020). “Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19â€. Universitas Mercu Buana, Menteng, Jakarta, Indonesia.

Agustiningsih. (2015). “Video†Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.Pancaran.4(1).55-68.

Eka Indaryani dan Dwi Suliworo. (2018).Dampak pemanfaatan WhatsApp dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika.Prosiding Seminar Nasional Quantum.25-31

Eva Margaretha Saragih dan Rahma Yunita Ansi. (2020). Efektivitas Penggunaan WhatsApp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik.Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-4 tahun 2020 “Sinergi Hasil penelitian dalam Menghasilkan Inovasi di Era Revolusi 4.0â€. 207-212. https://www.whatsapp.com/about/?lang=id ).

Jang Mas Subur & Nadia Rista.(2020).â€Pengaruh Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-10 terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII di SMP Walisongo Bekasi. Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi.5(2).156-161.

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Munawaroh, I. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 9 di SMP N 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. Volume 1 No. 9. ISBN: 978-602-9250-39-8. Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi.

Nurul Astuty Yensy. (2020).†Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19)â€. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.05(02).65-74.

Subron Adi Nugraha, Dkk. (2020).Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV.Jurnal Inovasi Penelitian.1(3).265-276.

Syarifudin, Albitar Septian. (2020). “Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak diterapkannya Social Distancingâ€. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.5(1).31-34.




DOI: https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat