Hambatan Translasi Representasi Pecahan pada Calon Guru Matematika Kelas Karyawan

Tatik Retno Murniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hambatan translasi representasi pecahan dan faktor penyebabnya pada calon guru matematika. Subjek penelitian sebanyak 6 orang calon guru matematika kelas karyawan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian dengan cara pemberian 2
tugas representasi pecahan dengan luas area trapesium, dan himpunan objek. Subjek yang masih salah selanjutnya dikelompokkan dan dianalisis hambatan yang terjadi berdasarkan tipenya serta diwawancara subjek terpilih. Instrumen yang digunakan antara lain: tugas untuk dua kali pertemuan, pedoman wawancara, alat rekam, dan catatan lapangan. Triangulasi teknik digunakan untuk endapatkan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar calon guru kelas karyawan masih belum memaknai pecahan sebagai bagian
keseluruhan, dan belum dapat merepresentasikan pecahan dengan luas area lingkaran. Temuan penelitian yaitu calon guru tidak menggunakan bagian keseluruhan dari luas area sebagai tolak ukur untuk mencari luas daerah yang diarsir. Penelitian lanjutan direkomendasikan untuk menggunakan media manipulatif ataupun berbantuan komputer guna memahamkan repesentasi
pecahan pada calon guru kelas karyawan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat