Game Petualangan Aljabar Berbasis Mobile Learning

Ulfa Amallina, Siti Khoiriyah, Nurmitasari Nurmitasari

Abstract


Abstract
Kemajuan pesat dalam teknologi pendidikan dan komunikasi terlihat jelas, terutama dengan munculnya sumber belajar digital. Ponsel pintar, yang merupakan perangkat seluler yang lazim digunakan, belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagai alat pendidikan, karena sebagian besar siswa menggunakannya untuk aktivitas non-pendidikan seperti bermain game. Dampaknya, siswa kesulitan memahami konsep yang berkaitan dengan perhitungan aljabar. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan media pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan pemahaman operasi perhitungan aljabar tetapi juga berfungsi sebagai alat serbaguna untuk memberikan pengalaman belajar kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini mengikuti tahapan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi) dan menghasilkan: (1) kelayakan media pembelajaran diperoleh melalui penilaian ahli materi, ahli desain, dan ahli media komunikasi mencapai skor 4,2 dengan kategori sangat layak (2) keefektifan media pembelajaran ditinjau berdasarkan hasil angket respon siswa mencapai 100%, aktivitas siswa 79% dan tes hasil belajar melampaui 85,41% dengan kategori sangat efektif. Oleh karena itu, media matematika berbasis mobile learning yang menampilkan permainan edukasi petualangan aljabar terbukti layak dan sangat efektif untuk diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran matematika..

Keywords: Media Pembelajaran, Petualangan Aljabar, Game Edukasi, Mobile Learning.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v10i1.2262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat