Konseling Kelompok dengan Teknik Thought Stopping untuk Mereduksi Kecemasan Sosial Siswa

Sholichatun Badriyah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok dengan teknik  thought stopping untuk mereduksi kecemasan sosial pada siswa. Subjek penelitian sebanyak 8 orang untuk kelompok eksperimen, diambil berdasarkan dengan karakteristik yang memiliki kecemasan sosial yang tinggi. Instrumen yang berupa skala kecemasan sosial (La Greca & Lopez, 1998). Total  validitas 0,855 dan reliabilitas 0,924 dengan berbantuan program SPSS. Teknik analisis data yang digunakan uji wilcoxon. Beberapa tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Pertama, pretest guna untuk mencari siswa yang memiliki karakteristik kecemasan sosial. Kedua pembentukan kelompok eksperimen yang karakteristinya memiliki kecemasan sosial. Ketiga, memberikan pretest (tes awal) yang sama kepada kelompok eksperimen. Ketiga, pemberian treatment (perlakuan) yaitu  menerima teknik thought stopping. Terakhir, memberikan posttest (tes akhir) yang sama kepada kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa konseling kelompok dengan teknik  thought stopping efektif untuk mereduksi kecemasan sosial. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi panduan guru bimbingan dan konseling secara mandiri untuk mengatasi kecemasan sosial siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v6i1.1111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats