BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA

Isti Bandini, Nurus Saadah

Abstract


Pesantren merupakan pilihan yang tepat dalam pembentukan karakter anak usia remaja. Namun berdasarkan pada observasi, wawancara dan data Bimbingan dan Konseling (BK) terdapat beberapa perilaku sebagian siswa santri yang mengindikasikan kurangnya penyesuaian diri siswa santri pada tahun pertama di pesantren. Dengan demikian perlu diberikan jenis bimbingan yang dapat membantu kesulitan siswa santri dalam penyesuaian diri di pondok pesantren. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pemberian layanan bimbingan kelompok berbasis Islam.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok berbasis Islam dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII MTsN Wonokromo tahun pelajaran 2015/2016 yang tinggal di pondok pesantren. Jenis penelitian yang dilakukan adalah one group pre test – post test untuk melakukan penelitian. Melalui desain ini penelitian dilakukan hanya pada satu kelompok dengan melakukan dua kali pengukuran yaitu O1 (pre test) untuk mengukur tingkat penyesuaian diri siswa santri sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Pengukuran yang kedua O2 (post test) dilakukan untuk mengukur tingkat penyesuaian diri siswa santri setelah diberi layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Adanya perbedaan antara pre test dan post test diasumsikan sebagai efek dari perlakuan yang diberikan.

Berdasarkan hasil penelitian tentang meningkatkan penyesuaian diri siswa santri pada aspek penyesuaian diri sebagai adaptasi, konformitas, dan penguasaan, melalui layanan bimbingan kelompok berbasis Islam pada siswa kelas VII MTsN Bantul di pondok pesantren, sebelum diberikan bimbingan kelompok berbasis Islam siswa santri memiliki tingkat penyesuian diri dengan kriteria rata-rata sedang yaitu 60,26%, sesudah diberikan bimbingan kelompok berbasis Islam kemampuan penyesuaian diri santri menjadi tinggi yaitu 74,38%. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 14,12% dengan tingkat signifikansi α = 0,05 atau 5%. Peningkatan tersebut meliputi aspek penyesuaian diri sebagai adaptasi (adaptation) sebesar 15,39%, penyesuaian diri sebagai konformitas (conformity) sebesar 13,05%, dan penyesuaian diri sebagai penguasaan (mastery) sebesar 13,20%.  Analisis Wilcoxon tentang upaya meningkatkan penyesuaian diri siswa santri melalui bimbingan kelompok berbasis Islam pada siswa kelas VII MTsN Wonokromo yang tinggal di pondok pesantren menunjukkan hasil uji dengan harga Zhitung­ 4,937 lebih besar dari Ztabel 1,96 dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan kemampuan penyesuaian diri siswa santri meningkat setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Dengan kata lain, penyesuaian diri siswa santri dapat meningkat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok berbasis Islam.

 

Kata kunci : Penyesuaian Diri, Bimbingan Kelompok Berbasis Islam, siswa santri

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adz-Dzaky, Hamdayani Bakran, Psikoterapi Islam, Yogyakarta : Fajar Pustaka Baru, 2002

Agustina, Indriani, Studi Deskriptif Mengenai Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah pada SMP Islam Terpadu, (Skripsi UNPAD, Tidak Diterbitkan, 2006)

Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori, Psikologi Remaja, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. Ke 5, 2009

Amin, Samsul Munir, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta : Amzah, 2010

Andrean, Thomas and Bjorn Gustaffson, Fatterns of Social Assistance Receipt in Sweden dalam International Journal of Social Welfare Vol. 13, Sweden : Nn.SS, 2004

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta, 2006

Aulia, Fitri, Kuesioner Checklist Masalah Siswa santri dan Layanan Bimbingan Konseling yang Dibutuhkan (Studi di SMP Muhammadiyah Boarding School) Yogyakarta, (Tesis UIN Sunan Kalijaga, tidak Diterbitkan, 2014)

Azwar, Saifuddin, Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2005

Bohnert, Amy M. dkk, The Rote of Organted Activities in Facitating Social Advantion Across the Trensistion to College dalam Journal of Adolescent Research

Chou, Kee-Lee, Brief Report the Utilization of Health Care Services and Soacial Services By Heurotic Patients and Their Service Need dalam International Journal of Social Psychiatry vol 46 no 4, 2000

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009

Evi, Pengembangan Model Bimbingan dan Konseling Kelompok dengan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Motivasi dan Disiplin Belajar Siswa (Studi Terhadap SMA Olah Raga Negeri Sriwijaya Palembang), Bandung : UPI, 2010

Faqih, Ainur Rahim, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta : UII Press, 2004

Fatimah, Enung, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Bandung: Pustaka Setia, 2006

Febriyani, Tika, Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dalam Jurnal FKIP Vol. 1, Lampung : Unila, 2014

Gerungan, Psikologi Sosial, Bandung: Refika Aditama, 2009




DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats