Potret Cyberbullyng Siswa Kelas VIII SMPN 2 Temanggung Tahun Pelajaran 2019/2020

Herdiyanto Herdiyanto

Abstract


Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui gambaran cyberbullying  siswa kelas VIII SMPN 2 Temanggung.  Metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif desain penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini memakai 192 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Temanggung Tahun Palajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala cyberbullying hasil pengembangan dari Teori Cyberbullying menurut Nancy Willard. Analisis data dilakukan dengan dua cara, yaitu: analisis kuantitatif deskiptif dan uji t. Hasil dari analisis skala cyberbullying menunjukkan sebanyak 111 siswa berkategori rendah, 76 siswa berkategori sedang, dan sebanyak 5 siswa berkategori tinggi. Hasil uji t dengan Man Witney menunjukkan nilai signifikansi (0,019) < 0,05. Rata-rata skor cyberbullying siswa laki-laki (108, 14) lebih besar daripada siswa perempuan (88,87). Kesimpulannya di SMPN 2 Temanggung tingkat cyberbullying bervariasi. Siswa laki-laki memiliki kecenderungan melakukan cyberbullying daripada siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, guru BK dapat memberikan tindak lanjut berupa layanan dasar kepada siswa yang memiliki tingkat cyberbullying rendah dan layanan responsif kepada siswa yang memiliki tingkat cyberbullying kategori sedang ataupun tinggi. Adapun bagi peneliti selanjutnya, data hasil penelitian dapat digunakan sebagai studi pendahuluan untuk menentukan intervensi yang tepat. Peneliti selanjutnya, dapat menyesuaikan intervensi dengan karakteristik dan tingkat cyberbullying siswa

 

Keywords:  cyberbullying, smartphone, social media

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v6i1.1156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats