Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Sikap Empati dan Tanggung Jawab Siswa SMP Negeri 1 Sumowono

Lyla Puspita

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik  role playing untuk meningkatkan kemampuan empati dan tanggung jawab siswa SMP Negeri 1 Sumowono. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi dan nonequivalent (pretest danposttest) control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII dengan kategori rendah dalam kemampuan empati Dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bimbingan kelompok melalui teknik role playing efektif untuk meningkatkan kemampuan empati dan tanggung jawab. Adapun rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada pihak-pihak sebagai berikut. Pertama, guru bimbingan dan konseling/konselor hendaknya dapat melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan empati dan tanggung jawab, salah satunya dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing. Kedua, guru kelas/guru bidang studi hendaknya dapat melaksanakan pembelajaran yang terintegrasi dengan bimbingan dan konseling. Ketiga, peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk mengembangkan tema penelitian yang dianggap relevan dengan penelitian ini dan mencari variabel-variabel lain yang diduga mempunyai hubungan maupun kontribusi dengan variabel kemampuan empati.

Full Text:

PDF

References


Abu, Munawar. (2007). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Adam Blatner, M.D. (2009). Role Playing In Education. (First written in 1995, and corrected October 18, 2009) (http://www.blatner.com/adam/pdntbk/ rlplayedu.htm)

ASCA. (2011). The Profesional Counselor and Character Education. https://www.schoolcounselor.org/asca/media/asca/home/position%20statements/PS_CharacterEducation.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bakker, G. M. (2009). In Defence Of Thought Stopping. Journal of Clinical Psychologist. Doi: 10.1080/13284200902810452. 13, (2): 2009.

Baron Cohen. S. (2011). Degrees of Empathy A New Theory of Human Creuelty. Journal of Personality and Sosial Psychology.

Creswell, J.W. (2008). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Sage publications.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Jean Decety & margarita svetlova. (2012). Putting together phylogenetic and ontogenetic perspectives on empathy. Journal Developmental Cognitive Neuroscience. Http://www.elsever.com/locatedcn

Hadi Setiawan. (2011) Efektivitas Penggunaan Animasi Komputer Program Macromedia Flash Mx Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Ekonomi Pada Pokok Bahasan Pelaku Ekonomi Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Howe, D. (2015). Empati: Makna dan Pentingnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eisenberg, N. (2012). Empathy and Its Development. Now York. Cambridge University.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ulfa, D. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar dengan Layanan Konseling Individual Berbasis Self Management Pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014, Semarang: Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Wahyuningsih, Sunawan, & Awalya. (2019). The effectiveness of cognitive behavior social anxiety of blind students. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2) 188-196. https://doi.org/10.15294/jubk.v8i2 28493




DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v6i1.1167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats