LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA
Abstract
Salah satu pendidikan karakter yang dikembangkan di Sekolah Menengah Kejuruan adalah pendidikan karakter disiplin. Disiplin menjadi salah satu prasyarat bagi pembentukan sikap, perilaku dan tata tertib kehidupan yang akan mengantar siswa sukses dalam belajar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui serta mengekplorasi bagaimana layanan bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMK negeri 1 Kandeman Batang. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dengan keabsahan datanya menggunakan trianggulasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa pemberian layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling individu dan kelopok, modeling, kunjungan industri, pendekatan individu, menjalin kerjasama dengan berbagai professional, melakukan kunjungan industri terjadwal, menerapkan metode clasikal condisioning dan operant condisiong dengan menerapkan sistem reword dan panishment efektif dalam meningkatkan karakter disiplin siswa. Berdasarkan temuan peneliti maka dapat disarankan bagi konselor sekolah perlu bekerjasama dengan berbagai pihak professional yang mendukung efektifitas bimbingan dan konseling.
Full Text:
PDFReferences
Agus Zainul Fitri, 2012, Pendidikan Karakter, Jogja:Arruz media.
Bella. 2017. Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Menejemen Kelas. Jurnal Menejemen Perkantoran. Ejurnal.upi.rdu/index.php/jpmanper/articel
Compas.com.httr://jabar.compasnews.cnm/2020n0rzzlheboh-video-gerombolan-anak-sd-nge-vape-lihattingkahnya-yang-bak-perokok-berat-miris-banget?page-2 diakses pada tanggal 20 marit 2018
Haryono. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.3, No.3 November 2016. eperints.ums.ac.id
Huda, M.M., Sunawan.,& Japar, M. (2019). Raden Ngabehi Ronggowarsito Teachings-Based REBT Counseling: A Study of Raden Ngabehi Ronggowarsito Teachings in REBT Counseling Perspective. JUBK. 8 (4). ISSN: 2252-6889/ 2502-4450.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/33839
Josephine W. Gitome & Michael T. Katola. 2013. Correlation Between Students’ Discipline And Performance In The Kenya Certificate Of Secondary Education. International Journal of Education and Research. www.ijern.com
Jusuf Blegur all. 2018. Students’ Disciplined Character as the Effort to Improve Self-Esteem and Academic Performance. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. DOI: 10.6007/IJARBSS/v8-i4/4019
Jeffrey & Ade. 2017. The Effects Of Achievement Motivation, Learning Discipline And Learning Facilities On Student Learning Outcomes. International Journal of Development Research, 7, (09), 15471-15478. http://www.journalijdr.com
Lickona. 1994. Educating For Caracter. New York: Bantam Book
Mansur. 2014. Implementasi Pendidikan Karekter Di Satuan Pendidikan. Artikel LPML: Sulawesi Selatan
Mukti. 2014. Analisis Implementasi Pendidikan Karekter Disekolah Dalam Rangka Pembentukan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Ikip Veteran Semarang. http;//e-journal.ikip-veteran.ac.id
Mulyasa, E, Standar. 2013. Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Pambudi, A. T., Mulawarman.,& Japar, M. (2019). Psychoeducational Group with Modelling Technique to Improve Career Adaptability Through Career Decision Self-Efficacy .Jurnal Bimbingan Konseling. 8 (1):. ISSN: 2252-6889/ 2502-4450. DOI https://doi.org/10.15294 /jubk.v8i1.26617. hlm. 20 – 31
Putro, H. E,.& Japar, M. (2019). Layanan Informasi Karier Berbasis Field Trip untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa. Indonesian Journal Of Educational Counseling. Konvensi Nasional Abkin XXI 2019. 3 (3).DOI: https://doi.org/10.30653/001.201933.105. Hlm. 243-252.http://ijec.ejournal.id/index.php/counseling/article/view/105
Sindonews.com.httr://jateng.sindonews.cnm/2015n0rzzlheboh-video-gerombolan-anak-sd-nge-vape-lihattingkahnya-yang-bak-perokok-berat-miris-banget?page-2 diakses pada tanggal 20 marit 2018
Stanley. 2014. Discipline and Academic Performance (A Study of Selected secondary Schools in Lagos. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development. DOI: 10.6007/IJARPED/v3-i1/758
Tribunnews.com.httr://jabar.tribunnews.cnm/2017n0rzzlheboh-video-gerombolan-anak-sd-nge-vape-lihattingkahnya-yang-bak-perokok-berat-miris-banget?page-2 diakses pada tanggal 20 marit 2018
Tribunnews.com.httr://manado.tribunnews.cnm/2019n0rzzlheboh-video-gerombolan-anak-sd-nge-vape-lihattingkahnya-yang-bak-perokok-berat-miris-banget?page-2 diakses pada tanggal 20 marit 2018
Tribunnews.com.httr://jateng.tribunnews.cnm/2015n0rzzlheboh-video-gerombolan-anak-sd-nge-vape-lihattingkahnya-yang-bak-perokok-berat-miris-banget?page-2 diakses pada tanggal 20 marit 2018
Wibawa, A. E. Y., Sutoyo, A., & Sugiyo. (2015). Pengembangan Model Konseling Kelompok Behaviour Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Sma Kabupaten Lamongan. JurnalBimbingan Konseling. 4 (2). ISSN: 2252-6889/ 2502-4450. DOI 10.15294/JUBK.V4I2.9934
Wibowo, M. E. (2017). Profesi Konselor Dalam Kurikulum 2013 Dan Permasalahannya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan.1 (2). h 63-85. ISSN: 2549-4511/ 2549-9092. https://www.researchgate.net/publication/323282934
Wijaya. 2018. Hakikat Pendidikan Karakter. Artikel. Diunggah 23 Februari 2018. Didownload 20 Desember 2018. https://www.researchgate.net/publication/323364661.
Wuri. 2014 pendidikan karekter disiplin disekolah. Jurnal ilmiah pendidikan. DOI:https//doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Yoga, A.D. 2015. Implementasi Nilai-nilai Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmiah UNY. jurnal.student.uny.ac.id
Zamtinah. 2011. Model Pendidikan Karakter Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol.1, No.1 Oktober 2011. Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.