KONSELING KELOMPOK SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY TERHADAP PENINGKATAN SELF DISCLOSURE SISWA
Nafisatul Hana, Sugiyo Sugiyo, Mungin Edi Wibowo
Abstract
Self disclosure (keterbukaan diri) merupakan salah satu bagian penting dalam perkembangan sosial remaja.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok terapi singkat berbasis solusi (TSBS) pada self disclosure siswa. Eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2x2 dengan melibatkan 24 siswa dari SMA N 1 Pemalang yang memiliki self disclosure rendah dari keluarga broken home. Data tersebut diambil menggunakan instrumen skala broken home dan skala sel disclosure dan dianalisis menggunakan uji ANAVA 2 arah dan perbedaan rata-rataz Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok TSBS teknik miracle question dan problem free talk efektif untuk meningkatkan self disclosure siswa yang berasal dari keluarga broken home.Akhirnya, pembahasan pada artikel ini diarahkan untuk mengembangkan dan meninjau efektifitas TSBS untuk meningkatkan self disclosure siswa dari keluarga broken home.