EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI AKADEMIK SISWA SMP MUHAMMADIYAH GEBANG CIREBON

Kuswantoro Farhan

Abstract


Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk menguji efektifitas bimbingan  kelompok teknik  homeroom  untuk meningkatkan efikasi akademik siswa di SMP  Muhammadiyah Gebang Cirebon. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan jenis one group pre-test and post test design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 80 siswa di SMP Muhammadiyah Gebang Cirebon yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah dalam bidang akademik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kepercayaan diri dalam bidang akademik yang diadapatasi dari teori Abdul Gafoor K.(2006).  Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan lima pilihan jawaban yang terdiri dari sangat Benar (SS), Hampir Benar (HB), Netral (N), Hampir Salah (HS), Sangat Salah (SS). Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji tanda (sign test)sehingga dapat diketahui bahwa p=0,002 lebih kecil dari x sebesar 5% = 0,05 dengan selisih rata – rata sebesar 21, 875. Artinya setelah pelaksanaan layanan bimbingan  kelompok dengan teknik homeroom  efektif meningkatkan kepercayaan diri dalam bidang akademik di SMP Muhammadiyah Gebang Cirebon.

Kata kunci : Efikasi Akademik, Teknik Homeroom, Bimbingan Kelompok


Full Text:

PDF

References


Abesha, A. G. 2012. Effect of parenting styles, academic self- efficacy, and achievment motivation on the academic achievment of university student in Ethiopia. Perth Western Australia.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bandura, A. 1995. Self – Efficacy in Changing Societies. USA : Cambridge University Press.

Bandura, A. 1997. Self –Efficacy The Exercise of Control. New York : W.H. Freeman & Company.

Baron, R. A. Dan Donn Byrne. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga.

Corey, Gerald. 2005. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. Terjemahan oleh E. Koeswara. Jakarta : ERESCO.

Creswell, J. W. 2010. Research design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : PT. Pustaka Pelajar.

Dwitantyanov, dkk. 2010. Pengaruh Psikoedukasi Berpikir Positif Pada Efikasi Diri Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi UNDIP. Hal 135 – 144.

Gafoor, A.K. & Ashraf, M. 2016. Academic Self-Efficacy Scale -2006. DOI : 10.13140/RG.2.1.3930.2640.

Ghufron, M. Nur dan Risnawati. S. Rini. 2012. Gaya Belajar: Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Michael. E. Porter. 2000. Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. .Yogyakarta : Liberty

Pudjiastuti, E. 2012. Hubungan Self Efficacy Dengan Peilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi Nimbar. Hal. 103 – 112.

Rizvi, dkk. 1997. Pusat Kendali dan Efikasi Diri Sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Psikologika. hal. 51-65.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Santrock. 2003. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Shikai, dkk. 2007. The Role Of Coping Styles And Self Efficacy in The eDevelopment of Dysporic Mood Among Nursing Studen. Journal Psychopathol Behavior Asses . Hal. 241-248.

Zimmerman, B. J. 2000. Attaining self –regulation: A social cognitive perspective. M. Zeidner & In.M. Boekaerts, P. R. Pintrich. Handbook of self- regulation p. 13-39. Academic Press.




DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats