MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR
Munjiati Saadah, Edy Irawan, Nita Fitria
Abstract
Mengenal diri sangat penting dalam upaya pengembangan diri, artinya tak mungkin terjadi proses pengembangan pribadi tanpa terlebih dahulu mengenali keunggulan dan kelemahan diri sendiri. Oleh sebab itu, hal yang penting bagi siswa untuk mempunyai konsep diri yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri positif siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik rasional emotif behavior. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Subjek penelitian berjumlah 10 orang yang menjadi anggota kelompok dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik rasional emotif behavior. Hasil penelitian dari empat pertemuan bimbingan kelompok yang dirangkum dalam dua siklus, konsep diri positif individu mengalami peningkatan. Para individu semakin memahami potensi-potensi diri yang perlu dikembangkan setelah penulis meminta dengan analisis SWOT.