MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR

Munjiati Saadah, Edy Irawan, Nita Fitria

Abstract


Mengenal diri sangat penting dalam upaya pengembangan diri, artinya tak mungkin terjadi proses pengembangan pribadi tanpa terlebih dahulu mengenali keunggulan dan kelemahan diri sendiri. Oleh sebab itu, hal yang penting bagi siswa untuk mempunyai konsep diri yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri positif  siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik rasional emotif behavior. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan  bimbingan dan konseling (PTBK). Subjek penelitian berjumlah 10 orang yang menjadi anggota kelompok dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik rasional emotif behavior. Hasil penelitian dari  empat pertemuan bimbingan kelompok yang dirangkum dalam dua siklus, konsep diri positif individu mengalami peningkatan. Para individu semakin memahami potensi-potensi diri yang perlu dikembangkan setelah penulis meminta dengan analisis SWOT.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats