LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENYALAHGUNAAN GADGET DIKALANGAN ANAK REMAJA

Mahmudah Mahmudah

Abstract


Gadget di era digital 4.0 merupakan alat komunikasi yang canggih, yang dilengkapi berbagai aplikasi media sosial, namun seiring perkembanganya yang sangat cepat pada generasi saat ini gadget banyak disalahgunakan, khususnya dikalangan remaja saat ini. Klemens (dalam Agus R, 2008) menyebutkan bahwa Smartphone adalah salah  satu gadget berkemampuan tinggi yang ditemukan dan diterima secara luas oleh berbagai Negara di belahan dunia.

Layanan bimbingan kelompok sebagai media informasi yang dapat diberikan di kalangan anak remaja. Layanan Bimbingan Kelompok yang diberikan akan mengulas materi tentang penggunaan gadget sebagaimana mestinya. Informasi yang diberikan tentang penggunaan gadget akan memberikan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan gadget yang tepat dikalangan anak remaja.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dengan tujuan pemberian informasi tentang penyalahgunaan gadget dikalangan anak remaja, dengan informasi yang didapat remaja dapat memahami penggunaan gadget yang tepat.

Hasil Penelitian menggunakan Paired Sample Test diketahui bahwa diperoleh nilai signifikansi atau Sig adalah 0,000, Kalau kita bandingkan, maka nilainya akan lebih kecil dari  0,05 (0,000 < 0,05). Serta didapatkan juga Nilai uji t dengan t hitung = 4,022 dengan derajat kebebasan = n – 2 = 30 – 2 = 28 sehingga t tabel sebesar 1,70. Karena ttabel (1,70)  ≤ thitung (4,022), hal ini berarti bahwa Ho ditolak. Kesimpulan menunjukkan bahwa terdapat perubahan pemahaman Penggunaan Gadget Dikalangan Anak Remaja setelah diberikan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok.

Hal ini mengindikasikan bahwa treatmen (perlakuan) yang diberikan terhadap kelas yang menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok sangat signifikan untuk meningkatkan pemahaman terhadap Penggunaan Gadget yang tepat Dikalangan Anak Remaja.


Full Text:

PDF

References


Agusli. R. 2008. Panduan Koneksi Internet 3G & HSDPA di Handphone dan Komputer. Jakarta: Mediakita.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kursiwi. 2016. Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Semestet V (Lima) Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatulah Jakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatulah.

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. PrestasiPustaka: Jakarta.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Nurlaela Syarif. 2015. Pengaruh Perilaku Penggunaan Smartphone Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK IT Airlangga Samarinda. Skripsi tidak diterbitkan. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Prayitno. 2011. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Romlah, Tatiek.2006. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok.Malang:Universitas Negeri Malang..

Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

.2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV.Alfabeta.

Winkel, Ws dan Mariam S. 2013. Bimbingan Konseling Di Institusi Pendidikan: Yogyakarta: Media Abadi




DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v7i1.1271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats