EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DAN TEKNIK GROUP EXERCISES UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI KEAGAMAAN

Nasikhatul Umami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisa tingkat kompetensi literasi keagamaan, 2) Menganalisis tingkat keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling dalam meningkatkan kompetensi literasi keagamaan, 3) Menganalisis tingkat keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Group Exercises dalam meningkatkan kompetensi literasi keagamaan, 4) Menganalisis perbedaan keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling dan teknik Group Exercises dalam meningkatkan kompetensi literasi keagamaan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MA AL Manar Kabupaten Semarang yang berjumlah 36 orang, dengan sampel sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 orang kelompok Modeling, dan 10 orang kelompok Group Exercises. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari: 1) variabel terikat yaitu Kompetensi Literasi Keagamaan (Y), 2) variabel bebas yaitu: 1) Bimbingan kelompok teknik Modeling (X1) dan Bimbingan kelompok teknik Group Exercises (X2). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologi. Teknik analisa data dengan menggunakan Paired Sample t- Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi literasi keagamaan peserta didik MA Al Manar Kabupaten Semarang meningkat melalui bimbingan kelompok teknik Modeling dan teknik Group Exercises. 2) Bimbingan kelompok dengan teknik Modeling efektif meningkatkan kompetensi literasi keagamaan dengan p = 0,000 < 0,05. 3) Bimbingan kelompok dengan teknik Group Exercises efektif meningkatkan kompetensi literasi keagamaan dengan p = 0,000 < 0,05. 4) Terdapat perbedaan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling dengan teknik Group Exercises dalam meningkatkan kompetensi literasi keagamaan dengan p = 0,001 < 0,05.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bandura. 2011. Social Learning Theory. Prentice-Hall.

Handaka, Irvan Budhi dan Maulana, Cecep. 2017. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Implementasi Gerakan Literasi Nasional. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. Vol. 1, No. 1 Hlm. 227-237. ISSN: 2579-9908.

Jacobs, Ed E. 2012. Group Counseling: Strategies and Skills, Seventh Edition. USA: Brooks/Cole.

Kurnia, Tommy. 2019. Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Membaca, Sains, dan Matematika. https://www.liputan6.com/global/read/4126480/skor-terbaru-pisa-indonesia-merosot-di-bidang-membaca-sains-dan-matematika.

Nurzakiyah, Cucu. 2018. Literasi Agama Sebagai Alternatif Pendidikan Moral. JPA Vol. 19 No. 2 Juli-Desember 2018 Hlm: 20-29.

Romlah, Tatiek. 2013. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Skerrett, Allison. 2014. Religious Literacies in a Secular Literacy Classroom. Reading Research Quarterly. Vol. 49 No. 2 Pp: 233-250.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tantri, Ade Asih Susiari Tantri dan Dewantara, I Putu Mas. 2017. Keefektifan Budaya Literasi Di SD N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation. Vol. 1 No. 4 Pp. 204-209




DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v7i1.1360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats