Teknik Role Playing dalam Bimbingan dan Konseling untuk Perilaku Bullying di Sekolah Menengah
Hernalita Popytasari
Abstract
Perilaku berulang-ulang yang seseorang maupun sekelompok orang lakukan yang memiliki kuasa terhadap orang-orang yang tidak berdaya dan menyebabkan kesakitan fisik maupun mental disebut perilaku bullying. Penelitian metode studi Pustaka ini bertujuan untuk memberi informasi mengenai teknik role playing yang dapat diterapkan oleh para konselor sebagai cara untuk mencegah bahkan menghilangkan perilaku bullying. Dengan data yang dikumpulkan dan dianalisis dengan metode dokumentasi dan metode analisis isi berhasil menemukan sumber rujukan yang membahas  1) Penerapan teknik role playing terhadap bullying, (2) Keberhasilan dari role playing untuk mengurangi bullying dan 3) Ruang lingkup dan sasaran teknik role playing. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan dari hasil keseluruhan kajian yang telah dianalisis bahwa pemberian perlakuan teknik role playing efektif dalam menekan intensitas tindakan agresif yaitu bullying di sekolah menengah baik SMP maupun SMA