Implementasi Teknik Cognitive Restructuring dalam Meningkatkan Perencanaan Karir pada Remaja Korban Perceraian SMAN 2 Kalianda Lampung Selatan

Fairuz Salsabila, Nurus Sa'adah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik Cognitive Restructuring dalam meningkatkan perencanaan karir remaja yang mengalami dampak perceraian. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan melibatkan 10 remaja di SMAN 2 Kalianda Lampung Selatan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa remaja yang menjadi objek penelitian belum memiliki perencanaan karir yang jelas dan matang. Hal ini dipicu oleh berbagai permasalahan, diantaranya yaitu minimnya motivasi belajar, remaja yang tidak berinisiatif untuk mencari informasi tentang dunia karir, tidak adanya dukungan dari keluarga, status sosial keluarga dan keadaan financial yang rendah. berbagai permasalah tersebut guru BK yang dibantu dengan guru pendamping kelas menerapkan teknik Cognitive Restructuring untuk membantu remaja dalam membenahi pikiran-pikiran irasional menjadi rasional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa impelentasi teknik Cognitive Restructuring mampu meningkatkan perencanaan karir remaja yang mulanya kurang memiliki semangat dan perencanaan karir yang jelas menjadi lebih terarah dalam meniti karir masa depannya.

Kata Kunci : Cognitive Restructuring, Perencanaan Karir, Remaja Korban Perceraian.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v8i1.1555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats