Pengaruh Teknik Restrukturing Kognitif Terhadap Kecemasan Belajar

novia sustiana nais, Mudhar Mudhar, Dimas Ardika Miftah Farid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap kecemasan belajar siswa. Kecemasan belajar adalah emosi yang tidak menyenangkan dalam belajar yang disebabkan oleh pikiran negatif yang ditandai dengan perasaan tegang, perasaan khawatir yang berlebihan, perasaan takut yang tidak jelas penyebabnya, dan selalu membayangkan hal buruk akan terjadi di masa depan. Dalam membantu hal ini, peneliti menggunakan teknik restrukturing kognitif dalam konseling kelompok. Teknik restrukturing kognitif dalam konseling kelompok adalah teknik yang digunakan dengan memanfaatkan dinamika kelompok agar siswa dapat saling berinteraksi dengan baik dalam memperbaharui kesalahpahaman, pikiran negatif yang menimbulkan kecemasan, dan menumbuhkan pemikiran yang lebih realistis dan positif sehingga individu/siswa dapat memiliki persepsi yang positif. rasionalitas dan kepercayaan diri yang lebih baik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen menggunakan one group pretest-posttest design, diberikan kepada 4 siswa kelas XI MIPA SMA Dr. Soetomo Surabaya yang mendapat skor kecemasan belajar tinggi sebagai sampel diambil secara purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan skala pengukuran kecemasan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis uji Wilcoxon diketahui bahwa nilai Z = -1,841 dan Sig (P) = 0,066 yang berarti Sig (P) > 0,05. Karena nilainya 0,066 > 0,05 maka hipotesis ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik restrukturing kognitif dalam konseling kelompok tidak dapat secara signifikan menurunkan kecemasan belajar siswa kelas XI MIPA Dr. Soetomo Surabaya.
Keywords: Cognitive Restructuring Techniques, Group Counseling, Student Learning Anxiety

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v8i2.1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats