EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN GESTALT UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SMA HANG TUAH 4 SURABAYA

Fransisca Cabrini Lebo, Ayong Lianawati

Abstract


Abstrak
Komunikasi interpersonal merupakan kemampuan yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik, sebab dengan memiliki komunikasi interpersonal yang baik akan membantu peserta didik dalam keaktifan di sekolah serta dalam membangun hubungan sosial. Namun pada kenyataan yang terjadi saat ini masih banyak peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang kurang. Jika komunikasi interpersonal pada peserta didik tidak ditingkatkan maka akan menimbulkan ketidakmampuan peserta didik dalam mengekspresikan perasaannya, kurangnya kepercayaan diri dan menghindari komunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu perlu diberikannya layanan Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik, salah satunya dengan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok gestalt untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X IPS 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini berjumlah 6 konseli, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis penelitian ini menggunakan uji Wilxocon dengan hasil 0,028, karena 0,028 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok gestalt efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik kelas X IPS 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

Kata kunci: konseling kelompok, teori gestalt, komunikasi interpersonal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v8i2.1688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats