Studi Kasus Perilaku Membolos Siswa Di MTs Negeri 2 Medan

M. Harwansyah Putra Sinaga, Ulfa Surya Mawaddah, Rita Lestari, Sri Rahmadhani Pasaribu

Abstract


Adanya temuan siswa membolos pada siswa siswa MTs Negeri 2 Medan menjadi permasalahan yang perlu diselesaikan oleh pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor perilaku membolos siswa kelas 8 di MTs Negeri 2 Medan. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa kelas 8 dan penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik wawancara, observasi serta pengamatan dokumen yang terkait dengan perilaku membolos siswa. Hasil penelitian menunjukkan jika bentuk perilaku membolos yang sering siswa lakukan yaitu tidak masuk sekolah tanpa surat izin serta keluar kelas saat jam pelajaran berlangsung. Simpulan dalam penelitian ini bahwa penyebab membolos dari subyek tersebut disebabkan oleh dua faktor, yang pertama dari dalam diri siswa (internal) dan yang kedua dari luar siswa (eksternal). Faktor internal yaitu: motivasi yang rendah, kurangnya motivasi saat belajar dan bosan dengan pelajaran tertentu. Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal, minimnya peran orang tua dalam memberikan perhatian serta dukungan motivasi terhadap kedua subyek tersebut.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v9i1.1886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats