TINGKAT PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PANCASAKTI

Hafsya Afra Nadhifah, Muhammad Arif Budiman Sucipto, Hanung Sudibyo

Abstract


Era modern saat ini tawaran produk dan layanan dapat dipromosikan melalui non media dan media sehingga perilaku konsumtif dapat menjadi masalah besar bagi banyak orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku konsumtif mahasiswa bimbingan konseling dan memberikan usulan topik layanan bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yang digunakan adalah semua mahasiswa semester 5 program studi Bimbingan Konseling di Universitas Pancasakti Tegal sampel penelitian ini dipilih melalui teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sekitar 22 siswa kelas Prodi BK. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa memiliki tingkat perilaku konsumtif tinggi sebesar 68,2 % dan mahasiswa dengan perilaku konsumtif rendah sebesar 31,8%. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam perilaku konsumtif mahasiswa tersebut, dengan indikator dipengaruhi oleh karakteristik Generasi Z, seperti pembelian karena trend atau gaya, pembelian koleksi atau barang yang sama, dan pembelian karena pengaruh iklan. Maka pemahaman mendalam terhadap dinamika perilaku konsumtif ini perlu diberikan untuk meningkatkan wawasan yang berharga mahasiswa melalui layanan bimbingan dan konseling.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v10i1.2195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats