Analisis Keterampilan Dasar Konseling Mahasiswa Melalui Asesmen Berbasis Kinerja

Ayong Lianawati, Aniek Wirastania, Maghfirotul lathifah, Jahju hartanti, Dimas Ardika Miftah Farid, Elia Firda Mufidah

Abstract


Keterampilan dasar konseling merupakan kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh mahasiswa bimbingan dan konseling. Kompetensi ini sangat diperlukan guna untuk memberi suatu pelayanan konseling secara profesional, meskipun demikian pada praktiknya masih banyak mahasiswa yang belum sepenuhnya menguasai keterampilan tersebut. Rendahnya kemampuan dalam penguasaan keterampilan konseling akan berdampak pada ketidakpuasan konseli dalam menerima layanan, bahkan yang lebih ekstrim jika tidak mengikuti kaidah-kaidah proses konseling maka akan terjadi malpraktik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan dasar konseling mahasiswa melalui asesmen berbasis kinerja agar dosen dapat memetakan kemampuan masing-masing mahasiswa. Fokus penelitian yang dilakukan adalah dengan mendeskripsikan tingkat ketercapaian kemampuan mahasiswa dalam menampilkan keterampilan dasar konseling yaitu bersikap terbuka, membuat pertanyaan terbuka yang empati, mendiagnosa dan explorasi permasalahan, memberikan dorongan, melakukan paraphrase dan membantu merencankan tindak lanjut.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v10i2.2304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats