Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management Berdasarkan Surah Al-Ashr dalam Mereduksi Prokrastinasi Akademik
Amelia Amelia, Wahidin Wahidin
Abstract
Padatnya kegiatan yang dialami siswa pada bidang akademis dan kegiatan pendukung lainnya menuntut siswa untuk lebih banyak waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan tugas, akan tetapi siswa selalu mencari alasan untuk tidak segera menyelesaikan tugasnya dan lebih memilih melakukan aktivitas lain yang menyenangkan. Perilaku tersebut disebabkan ketidakmampuan siswa dalam memanajemen waktu, dengan demikian tidak sesuai dengan kandungan surah Al-Ashr ayat 1-3 yang memerintahkan manusia untuk tidak menjadi golongan yang merugi dengan memanfaatkan waktunya secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik self-management berdasarkan surah Al-Ashr dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan mendominasikan kuantitatif desain one group pretest-posttest. Populasi berjumlah 59 siswa dan sampel berjumlah 10 siswa dengan purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa konseling kelompok teknik self-management berbasis surah Al-Ashr mengalami penuruan yang signifikan yang dibuktikan dengan hasil N-Gain dan wawancara.