BK Di SD : Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar
Umi Nur Jannah, Santi Hendayani, Jean Amorie
Abstract
Pelaksana layanan BK di SD merupakan bagian integral dari peran guru kelas yang sebagian besar tugasnya ada pada layanan BK bidang bimbingan belajar. Salah satu permasalahan belajar yaitu rendahnya keterlibatan peserta didik yang dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPA di kelas IV UPT SD Negeri 2 Margodadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain posttest only control grub design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 2 Margodadi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data yang digunakan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan project based learning dengan model pembelajaran inquiry dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran project based learning lebih tinggi daripada hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran inquiry.