HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANGTUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Ulfa Danni Rosada

Abstract


The purpose of this study is (1) to find out the relationship between parenting democratic parenting with learning achievement.(2) Knowing the relationship between emotional intelligence and learning achievement.(3) Knowing the relationship between parental democratic parenting and emotional intelligence on learning achievement. The approach used in this study is to use a quantitative approach. The results of this study indicate that:(1) The magnitude of the effect of parenting on learning achievement is 13.7%, (2) The amount of influence of emotional intelligence on learning achievement is 16.4%, (3) The amount of influence of parenting and emotional intelligence on achievement learning by 30.1%.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2005. Pola Pengasuhan Orangtua Dalam Membantu Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, F. 2010. Hubungan Antara Prestasi Belajar Mahasiswa Program DIII Keperawatan dengan Type Pola Asuh Keluarga (Studi pada Mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro Tahun 2010). Tesis, tidak diterbitkan. Solo: Universitas Sebelas Maret. http://pasca.uns.ac.id/?p=814, diakses pada tanggal 29 Januari 2016.

Djamarah, S.B.2014. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djafar, F. 2015. Rendahnya Prestasi Siswa di Indonesia. Diakses dari http://www.kompasiana.com/ftma/rendahnya-prestasi-siswa-di-indonesia_564d32b84423bd9e05c61fe3 pada tanggal 21 Desember 2015.

Drew, C.E. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mizan Utama.

Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, D. 2006. Kepemimpinan Berdasarkan Kecerdasan Emosi. Bandung: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, S. 2006. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Purnaningtyas, A. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya SMP.Harmonia, Jurnal Pemikiran dan Seni,Vol 10, No 1 (2010), Hal. 1-15.Diakses dari http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/56 pada tanggal 29 Januari 2016

Sari, R.P. 2008. Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Prestasi Belajar Pada Remaja. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Diakses dari https://repository.usd.ac.id/1909/2/019114012 pada tanggal 20 Januari 2016

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarmanto. 2007. Prestasi dan Minat Belajar. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

.............. . 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan keempat. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Cetakan keenam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiratna, Sujarweni V. 2012. Belajar Mudah SPSS Untuk Penelitian, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Ardana Media.

Yani, D.P. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Uji Tahap II Asuhan Persalinan Normal. Diakses dari http://www.journal unipdu.pada tanggal 29 Januari 2016.




DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v5i2.808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats