Efektifitas Konseling Motivational Interviewing untuk Mereduksi Agresivitas Siswa

Nidya Juni Parti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling Motivational Interviewing dalam mengurangi agresivitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest posttest menggunakan tindakan berulang. Subjek penelitian adalah 6 siswa yang mengalami tingkat agresi tinggi. Konseling Motivational Interviewing dilakukan dalam 4 sesi untuk setiap konseli dalam bentuk konseling individu. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata T1 dari 94,33 (SD = 3,14) yang kemudian tiba pada pengukuran T4 yang diperoleh dengan rata-rata 47,5 (4,59). Oleh karena itu, secara umum, konseling Motivational Interviewing efektif dalam mengurangi agresivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada seluruh guru bimbingan dan konseling untuk bisa menerapkan metode ini sebagai upaya mereduksi agresivitas siswa di sekolah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v5i2.949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats