IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN LEMBAGA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH: STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH TERPADU SENDANG AGUNG

Miftahul Janah, Seftika Seftika, Nita Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Terpadu Sendang Agung; (2) untuk mengetahui apakah implementasi Pendidikan Karakter dapat menjadi solusi terhadap krisis karakter yang dihadapi peserta didik milenial di SD Muhammadiyah Terpadu Sendang Agung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Responden yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Sendang Agung yang diambil secara terpilih (purposive). Instrumen yang digunakan  yaitu observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter telah diimplementasikan sejak awal beridirinya sekolah tersebut yaitu pada tahun 2015, dan guru-guru mengimplementasi pendidikan karakter tidak hanya dalam tindakan, akan tetapi mulai dari pembuatan silabus, RPP, penggunaan media, serta materi yang diberikan semuanya dikaitkan dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil angket membuktikan bahwa nilai karakter yang guru tanamkan dalam diri peserta didik, 60—70% telah berhasil tertanamkan. Bahkan dalam nilai religius dan semangat kebangsaan, 85% peserta didik telah memiliki nilai tersebut. Implementasi pendidikan karakter dapat menjadi pemecahan masalah terhadap krisis karakter yang dihadapi peserta didik millennial. Di era yang serba digital ini, peserta didik SDMT Sendang Agung membuktikan bahwa teknologi tidak mempengaruhi sisi positif kehidupan mereka. Hal itu dibuktikan dengan konsistensi semangat mereka dalam berlomba menghafal Al-quran, dan mengikuti perlombaan tahfidz Quran sampai tingkat nasional.

 

Kata kunci:  Millenial, Muhammadiyah, Pendididikan Karakter, Sekolah dasar.

 


Full Text:

PDF

References


Aushop, A. Z. (2014). Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil, CendekiaBerakhlak Qurani. Bandung:Grafindo Media Pratama.

Darmiyati Zuchdi, Zuhdan Kun Prasetya, dan Muhsinatun Siasah Masruri. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan No 3 (2010): Mei 2010, Th.XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY. p-ISSN 0216-1370 e-ISSN 2442-8620.

Haedar, Nashir. (2010). Muhammadiyah Gerakan Pembaruan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Hamid,A.,& Sudira,P.(2013). Penanaman Nilai-Nilai KarakterSiswaSMK Salafiyah Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ )Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah.Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.3 No. 2 (2013). p-ISSN 2088-2866 e-ISSN 2476-9401.

Kristiawan, M. (2015).Telaah RevolusiMentaldan Pendidikan Karakterdalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Pandaidan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan IslamVol 4 No 2 (2015). p-ISSN 2301-9166 e-ISSN 2356-3877.

Musthafa, Kamal. P & Ahmad, Adaby. (2005). Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam. Yigyakarta: Pustaka SM.

Sri, Judiani. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 16 No. 9 (2010). p-ISSN 2460-8300 e-ISSN 2528-4339: 280-289.

Tohirin. (2016). Konsep dan Implementasi Pendidikan Karakter di Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan : Edukasi, 14(2), 279–314.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v6i1.984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats