DAMPAK PEMBELAJARAN FILSAFAT BAGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI INDONESIA
Abstract
Terdapat kaitan yang erat antara pendidikan dan filsafat karena filsafat mencoba merumuskan citra tentang manusia dan mayarakat, sedangkan pendidikan berusaha mewujudkan citra itu. Rumusan tentang harkat dan martabat manusia beserta masyarakatnya ikut menentukan tujuan dan cara-cara penyelenggaraan pendidikan, dan dari sisi lain pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia. Filsafat pendidikan merupakan jawaban secara kritis dan mendasar berbagai pertanyaan pokok sekitar pendidikan, seperti apa mengapa, kemana, dan bagaimana, dan sebagainya dari pendidikan itu. Kejelasan berbagai hal itu sangat perlu untuk menjadi landasan berbagai keputusan dan tindakan yang dilakukan dalam pendidikan. Hal itu sangat penting karena hasil pendidikan itu akan segera tampak, sehingga setiap keputusan dan tindakan itu harus diyakinkan kebenaran dan ketepatanya meskipun hasilnya belum dapat dipastikan.
Full Text:
PDFReferences
Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Uyoh,Sadulloh. 2007. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suparlan, Henricus. 2015. Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya bagi PendidikanIndonesia. Jurnal Filsafat, Vol. 25, No 1.56-74
Suyitno. 2009. Landasan Filosofis Pendidikan. Bandung: UPI
Undang-undang Republik Indonesia. 1989. Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya
Refbacks
- There are currently no refbacks.