MANAJEMEN PEMBELAJARAN MELALUI TEKNIK SUPERVISI KLINIS DAN INDIVIDUAL

Cris Ayu Setianingsih

Abstract


Supervisi adalah kegiatan membimbing dan membina guru dalam meningkatkan profeinya, terutama dalam proses pembelajaran. Sedangkan klinis adalah menganalisis kondisi psikologi seseorang, merefleksi pengalaman, dan menganalisis situasi daerah. Supervisi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh proses administrasi pendidikan yang ditujukan terutama untuk mengembangkan efektivitas kinerja personalia sekolah yang berhubungan dengan tugas-tugas utama pendidikan. Supervisi merupakan salah satu faktor penting sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui kegiatan yang dilakukan oleh supervisior pendidikan dalam hal ini pengawas pendidikan pada satuan pendidikan formal. Supervisi klinis adalah bentuk supervisi yang difokuskan pada peningkatan mengajar dengan melalui siklus yang sistematik, dalam perencanaan, pengalaman serta analisis yang interaktif dan cermat tentang penampilan mengajar yang nyata, serta bertujjuan mengadakan perubahan dengan cara rasional. Arti supervisi pengembangan adalah pendekatan dalam supervisi yang sebelumnya tidak ada. Dalam hal ini supervisor mendekati guru-guru dengan berbagai cara yang berbeda-beda. Artinya, setiap guru yang akan disupervisi didekati dengan cara tertentu, sesui dengan kondisi mereka masing-masing.

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Supervisi pendidikan


Full Text:

PDF

References


Abdul Mu’in, Juhri. 2016. Supervisi Pendidikan Untuk Pengawas Dan Kepala Sekolah Profesional. Metro. Laduny

Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Purwanto, Ngalim. 2010.Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sagala, Syaiful, 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.