ANALISIS TERJADINYA REVISI TAKSONOMI BLOOM (Bloom’s Taxonomies)

Cris Setianingsih, Ari Suningsih

Abstract


Revisi Taksonomi Bloom menekankan pada penggunaan taksonomi pendidikan
dalam merencanakan kurikulum, pembelajaran, asesmen dan kesesuaian
diantara ketiganya. Oleh karena itu merupakan suatu hal yang penting
mengaplikasikan ini dalam pembelajaran terutama dalam merumuskan tujuan
pembelajaran dan menilai hasil belajar siswa dalam belajar jika ditinjau dari
aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Revisi taksonomi Bloom diajukan
secara umum untuk lebih melihat ke depan (ahead of time) dan merespon
tuntutan berkembangnya komunitas pendidikan, termasuk pada bagaimana
peserta didik berkembang dan belajar serta bagaimana guru menyiapkan bahan
ajar, seluruhnya mengalami perkembangan yang signifikan bila dibandingkan
dengan empat puluh tahun yang lalu. Fokus utama revisi taksonomi Bloom
dimaksudkan pada daya aplikasinya terhadap penyusunan kurikulum, desain
instruksional, penilaian dan gabungan ketiganya.
Kata Kunci: Revisi Taksonomi Bloom, Taksonomi Bloom


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono, 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Fatmawati, Sri. 2014. Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Soal Kognitif

Berorientasi pada Revisi Taksanomi Bloom dalam Pembelajaran Biologi.

Volume 1 nomor 2.Palangka Raya.

Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk

Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom.

Pustaka Belajar, Yogyakarta

Widodo, A. (2006). Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin

Puspendik. 3(2), 18-29.UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.