PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHAMAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH PRINGSEWU

Azka Falaih Rizqiyana, Aji Sureja, Ari Pitri Ana

Abstract


Berdasarkan hasil survei yang penulis lakukan yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah kurang maksimal hasil belajar mahasiswa STKIP Muh Pringsewu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model cooprative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar mahasiswa semester 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 dengan jumlah 122 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik  sampling purposive dan diperoleh kelas 2A dengan jumlah 40 mahasiswa sebagai kelas eksperimen, dan 2B dengan jumlah 40 mahasiswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus Regresi Linier Sederhana. Dari analisis data hasil penelitian menggunakan rumus regresi linear sederhana didapatkan Thitung = 5,14 dengan Ttabel = 1,60 dengan demikian Thitung ≥ Ttabel. Ini berarti regresi linear sederhana bersifat nyata atau hipotesisnya diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar.

Keywords: Model Cooperative Learning tipe Talking Stick dan Hasil Belajar 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.