PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN IPS SD

Yesi Budiarti, Santi Hendayani, Taqiyuddin Alkah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku berbasis mind mapping, mengkaji kevalitan, menguji keefektifan, dan mengkaji kepraktisan buku saku berbasis mind mapping pada pembelajaran IPS kelas V SDN 1 Fajaresuk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model penelitian pengembangan Sugiyono dengan sampel sebanyak 26 siswa yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, wawancara, data dokumen dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis normalitas, homogenitas, uji t, dan N gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor rata-rata kevalidan buku saku berbasis mind mapping dari ketiga validator adalah 88% dengan kategori sangat valid. Uji t diperoleh t-hitung 20,4771 dan lebih dari t-tabel yaitu 2,0930, artinya hasil belajar siswa sesudah pembelajaran berbeda dan lebih baik dari sebelum pembelajaran menggunakan buku saku berbasis mind mapping dan didukung dengan uji-gain pretest dan posttest sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Hasil prosentase klasikal angket tanggapan guru dan siswa menunjukkan kategori sangat positif sehingga buku saku berbasis mind mapping praktis digunakan.


Full Text:

PDF

References


Ami, Sartika Mucharommah, dkk. 2012. Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Sains UNESA, 1(2):10- 13.

Buzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BSNP.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES.

Rochmad. 2011. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1): 59-72.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

________. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widianti, Sri. 2014. Keefektifan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal Elementary Education, 3(2):64-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.