PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL 4.0. BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Riska Nur Hidayati, Nurul Fikriah Maulida, Fatahillah Fatahillah

Abstract


Penggunaan teknologi digital membawa dunia ke era Revolusi Industri 4.0. berdampak disruptif terhadap Nilai falsafah bangsa yakni Pancasila, sehingga Pengembangan Media Pembelajaran yang memberikan Literasi berkenaan Nilai falsafah Pancasila sedapat mungkin harus diupayakan, salah satunya melalui penggunaan Media Film. Pertanyaannya Bagaimana gambaran penumbuhan Literasi Digital melalui Film Pendek? Bagaimana Dampak Penggunaannya pada Peserta Didik? Untuk mendapatkan jawaban maka digunakan penelitian dengan pendekatan kualititatif berdasarkan Tradisi Fenomenologi dan teknik analisis Deskriptif serta SWOT. Hasil dari Penelitian menunjukkan; 1) secara teoritis dan Praktis Penggunaan Media Film telah memberikan pengetahuan atau kemampuan Kognitif Faktual dan Kontekstual nilai-nilai Pancasila yang mempengaruhi ruang Literasi Digital 4.0. dalam pemikiran Peserta didik;; 2) a) Kekuatan dari Penggunaan Media Film dapat memberikan Internalisasi Kognitif secara factual dan kontekstual melalui visualisasi Pembelajaran Nilai Pancasila; b) Kelemahannya kemungkinan untuk terjadi bias dan distorsi pesan nilai Pancasila sangat mungkin terjadi dikarenakan Media Film hanya mampu memberikan Pandangan Nilai parsial yang bergantung tafsiran audiens peserta didik, c) berpeluang untuk dikembangkan seiring kreativitas Pelaku dunia Pendidikan, dan d) Ancamannya Inovasi sangat dipengaruhi perkembangan pemikiran global yang mengintervensi kearifan lokal tentunya akan memberikan dampak signifikan kepada ruang Literasi Siswa di SD.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.