EVALUASI KETERAMPILAN DASAR MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN PADA PENDIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Izhar Izhar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini akan dilakukan pada keterampilan dasar mengajar, spesifiknya kegiatan membuka dan menutup pelajaran pada pendidik pendidik SMPN 2 Banjit dan SMAN 1 Depok. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan keterampilan dasar membuka dan menutup pelajaran pada guru di SMPN 2 Banjit dan SMAN 1 Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Di mana hasil evaluasi dimaksudkan sebagai masukan untuk kebijakan program pengajaran. Sumber data dalam kajian ini ialah video pembelajaran membuat teks laporan percobaan pada SMPN 2 Banjit Waykanan Lampung  dan pembelajaran teks anekdot pada SMAN 1 Depok. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Berdasarkan hasil kajian, diketahui bahwa pendidik pada SMPN 2 Banjit dikategorikan baik dalam keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Sementara itu, pendidik SMAN 1 Depok dikategorikan cukup baik dalam keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Sebagai rekomendasi kajian, dalam kegiatan membuka pelajaran pendidik perlu menyiapkan psikis dan fisik perserta didik dan menyampaikan kompetensi, indikator, dan manfaat materi pembelajaran secara utuh. Kemudian, dalam kegiatan menutup, pendidik perlu mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran, menyimpulkan hasil pembelajaran, dan menetapkan tindak lanjut hasil pembelajaran.

Kata kunci: Keterampilan Dasar Mengajar, Kualifikasi Kompetensi, Teks Laporan Percobaan, Teks Anekdot.

 

Abstract

This study aims to describe opening and closing lessons basic skills  of teachers at SMPN 2 Banjit and SMAN 1 Depok. This study used a descriptive evaluative approach with content analysis techniques. Sources of data were video of learning experimental report text at SMPN 2 Banjit Waykanan Lampung and learning anecdotal texts at SMAN 1 Depok. The data collection technique was the observation and note. The results show that teachers at SMPN 2 Banjit are categorized as good in opening and closing lessons skills. Meanwhile, teachers at SMAN 1 Depok were categorized as sufficient in opening and closing lessons skills. The recommendation for the study are in opening lessons activity, teachers need to prepare students psychologically and physically, convey competencies, indicators, and the benefits of learning materials. Furthermore, in closing activities, teachers need to evaluate the entire series of learning activities, summarize learning outcomes, and determine follow-up of learning outcomes.

Keywords: Basic teaching skills, competency qualifications, experiment report texts, anecdotal texts.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jp.v5i2.1348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats