PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI SISWA

Selvi Meila Puspita, Ani Diana

Abstract


Abstrak

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan utama yang wajib diajarkan pada semua jenjang pendidikan. Adapun ruang lingkup keterampilan berbicara yang diajarkan di sekolah terutama di tingkat sekolah Dasar salah satunya adalah bercerita. Pembelajaran bercerita khususnya pada indikator menceritakan kembali cerita yang didengar dengan kata-kata sendiri merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa sehingga banyak siswa yang kemampuannya belum memadai dalam bercerita. Untuk itu perlu dilakukan penelitian dengan tujuan agar kemampuan bercerita siswa dapat meningkat.  Dalam melaksanakan penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelas.  Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan bercerita siswa dengan menggunakan media film animasi. Hal ini dapat terlihat pada pelaksanaan siklus I kemampuan siswa meningkat menjadi 57,044 dibanding dengan sebelum menggunakan media film animasi hanya 49,27. Selanjutnya pada siklus II lebih meningkat dari siklus I yakni sebesar 75,34.

Kata Kunci: PTK, Bercerita, Media Film Animasi.

 

 

Abstract

Speaking skill is one of the main skills that must be taught at all levels of education. The scope of speaking skills taught in schools, especially at the elementary school level, one of which is storytelling. Learning to tell stories, especially on indicators of retelling stories heard in their own words, is one of the materials considered difficult by students so that many students have insufficient ability to tell stories. For this reason, it is necessary to conduct research with the aim that students' storytelling abilities can be increased. In carrying out this research, the researcher collaborated with the classroom teacher. From the results of data analysis, it can be seen that there is an increase in students' storytelling skills using animated film media. This can be seen in the implementation of the first cycle, the students' ability increased to 57,044 compared to before using the animated film media, which was only 49.27. Furthermore, in the second cycle, it increased more than the first cycle, which was 75.34.

Keywords: PTK, Storytelling, Animation Film Media


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jp.v7i2.1508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats