ANALISIS CAMEL UNTUK MENILAI PERFORMANCE PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk TAHUN 2016 – 2017

Wagiyo Wagiyo, Purwanto Purwanto

Abstract


ABSTRAK

 

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, merupakan salah satu dari Bank BUMN, sebuah lembaga keuangan yang sangat penting di dalam suatu negara, terutama dalam menghadapi era bebas dan globalisasi. Peran PT Bank Negara Indoesia (Persero) Tbk sebagai lembaga penghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat. Karena perannya inilah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebagai  perbankan dituntut untuk memiliki performa keuangan yang baik. Untuk menilai performa perusahaan perbankan biasanya digunakan dengan menggunakan metode CAMEL, yang meliputi aspek Permodalan, Kualitas Aktiva Produktif, Manajemen, Ekuitas/Entabilitas dan Likuiditas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai performa perusahaan perbankan yang dimiliki PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk,  untuk periode 2016 dan 2017 dan datanya diperoleh dari  Laporan keuangan Bank pada Bisnis Indonesia tanggal 18 Januari 2018. Hasil penilaian yang menunjukkan pada tahun 2016 dan tahun 2017 untuk 1) Permodalan (CAR) 19,36 %, dan 18,53 %, 2) Kualitas asset produktif (KAP)  2016   =  2,05 %, dan  2017 =  1,53 %; 3) Manajemen (Management)  2016 = 80,73 % dan  2017 = 80,57 %; 4) Rentabilitas (a) ROA 2016 = 2,69 % dan  2017 = 2,75 %; (b) BOPO 2016  =  73,59 %, dan BOPO 2017  = 70,99 %; 5). Likuiditas (liquidity) LDR 2016  =  90,41 %, dan  LDR 2017  =  85,58 %,.

Dari hasil penelitian ini diperoleh CAMEL yang mengalami peningkatan kinerjanya yaitu 91,07 ditahun 2016 menjadi 91,57 ditahun 2017, sehingga  PT. Bank Negara Indoesia (Persero) Tbk sebagai Bank BUMN memiliki performa yang baik, dengan berpredikat sehat.

 

Kata Kunci : Perbankan, CAMEL, kinerja Bank BNI.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M .Faisal. 2003. Manajemen Perbankan Teknik Analisis Kinerja Keuangan Bank. Malang: UMM Press.

Agus Harjito dan Martono, 2011, Manajemen Keuangan. Edisi Kedua, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek ) Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawi, Herman. 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dendawijaya, Lukman. 2005. Manajemen Perbankan. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Harahap, 2002, Teori Kritis Laporan keungan Jakarta, PT Raja Grafindo Persada

Jiwandono, J. Soedrajat. 2006. Sejarah Bank Indonesia periode V : 1997-1999 Bank Indonesia pada masa krisis ekonomi, moneter dan perbankan.Jakarta: Bank Indonesia.

Judisseno, Rimsky K. 2005. Sistem Moneter dan Perbankan di Indonesia. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Kasmir. 2011. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kuncoro, Mudrajad & Suhardjono, 2006. Manajemen Perbankan : Teori dan Aplikasi. Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE. UGM

Munawir. 2014. Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty

Martono 2002, Manajemen Keuangan yogyakarta, Ekonosia

Sinungan, Muchdarsyah Strategi Manajemen Bank. Penerbit Rineka cipta

Taswan. 2010. Manajemen Perbankan, Konsep, Teknik dan Aplikasi , edisi kedua. Yogyakarta : UPPSTIM YKPN

Undang-undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.PT. Sinar Grafika

Undang-undang No. 3 Tahun 2004 tentang Bank Indonesia. Bandung :Penerbit Citra Umbara




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v9i02.1185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.