PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA PRODUK LADY FAME SHOP (Studi pada Mahasiswi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu) Tahun 2018

Arohman Arohman

Abstract


Keputusan Impulse buying seorang konsumen berbeda antara yang satu dengan yang lainnya tergantung apa yang mempengaruhi persepsi dan harapan dari sebuah produk. Dewasa ini, pada era e-ommerance konsumen lebih banyak melakukan pembelian impulsif. Juga halnya dalam membeli pakaian, bukan hanya sekedar Digital marketing yang di gunakan untuk memasarkan produk tersebut, tetapi peran Brand ambassador juga mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian impulsif sebuah produk. Masalah dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu banyak melakukan pembelian impulsif pada produk Lady fame shop. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Digital marketing dan Brand ambassador berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Impulse buying pada Produk Lady fame shop di kalangan Mahasiswi Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu ?. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh Digital marketing dan Brand ambassador secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Impulse buying pada produk Lady fame shop dikalangan Mahasiswi Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan alat bantu berupa kuesioner dan diukur dengan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswi yang menggunakan produk Lady fame shop di Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu, yang berjumlah 206 orang. Sampel yang diambil sebanyak 53 orang Mahasiswi Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu sebagai responden resmi yang diambil menggunakan rumus slovin. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif yaitu bentuk analisis yang menggunakan angka-angka dalam perhitungan dengan metode statistik SPSS 24. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil nilai Fhitung  (29.393) > t tabel  ( 3,18     ) nilai signifikan  0,000  < 0,05, untuk Digital marketing t hitung   ( 3,109 )  > t tabel   (1,675 ) nilai signifikan 0,003 < 0,05, Brand ambassador t hitung   (3,837 )  >  t tabel   ( 1,675 ) nilai signifikan  0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Digital marketing dan Brand ambassador secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Impulse buying pada produk Lady fame shop di kalangan Mahasiswi Perguruan Tinggi   Muhammadiyah Pringsewu. Sedangkan secara parsial besarnya pengaruh Digital marketing dan Brand ambassador terhadap keputusan Impulse buying pada produk Lady fame shop sebesar 54% dan sisanya sebesar 46% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Digital marketing, Brand ambassador, Keputusan Impulse buying.


Full Text:

PDF

References


Anil kumar (2016), Fuzzy Optimization and Multi-Criteria Decision Making in Digital Marketing, IGI Global Disseminator of Knowledge. USA.

Ary rahmawan (2013), Studentpreneur Guidebook, Gagas Media. Jakarta Selatan.

Arikunto (2011), Metodologi penelitian, Salemba empat, Jakarta.

Beatty & Ferrel dalam Febrya Asterrina (2013), Journal of retailing, International journal of Marketing studies, Vol 6.

Budi Raharjo (2015), Mendadak Hemat Saat Kepepet, TransMedia Pustaka. Jakarta.

Brian lonsway (2013), Making Leisure work Architeture and the Experience Economy, Routledge. New York.

Cahyorini & Rusfian (2011), The effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization, Vol 11- 21.

Christina Whidya Utami (2017), Manajemen Ritel, Salemba Empat. Jakarta.

Gaynor Lea-Greenwood (2013), Fashion marketing Communication,WILEY publishers. USA.

Ghotbifar (2016), Identifying and assesing the factors affecting skill gap in Digital marketing in communication industry companies. Vol 1-8.

Ghozali, Imam (2013), Aplikasi analisis Multivariate dengan program SPSS. Badan penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Karbasviar & Yarahmadi (2011), Evaluating Effective Factors on Consumer Impulse Buying Behavior, Asian journal of Bussines Management Studies 2 : Vol 178-181.

Lupyoadi, Rambat dan Ridho Bramulya Ikhsan (2015), Metode Riset Bisnis. Salemba Empat, Jakarta.

Rahmat Hidayat (2016), Pengaruh penetapan Harga dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Medan : jurnal ilman, vol 4,No1.

Subagyo (2016), On Digital Economy Enhancement for Accelerating Suistainable Development Goals Achievement, Gunadarma. Depok.

Sugiyono (2013), Metode penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v9i02.1187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.