PENGARUH KESADARAN HALAL, RELIGIUSITAS, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BMT AL-HAFIIDZ KALIANDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal, religiusitas dan kepercayaan terhadap keputusan menabung pada BMT Al Hafiidz Kalianda.Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah yang sudah menabung di BMT Al-Hafiidz Kalianda. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 43 responden dengan menggunakan metode accidental sampling, yaitu sebuah teknik pemilihan sampel berdasarkan secara kebetulan, yaitu nasabah yang telah menabung dan bertemu dengan peneliti di BMT Al-HafiidzKalianda. Uji validitas instrumen menggunakan Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) dari uji hipotesis yang dilakukan kesadaran halal berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan nilai thitung sebesar 15,624 dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,000 tersebut lebih kecil dari 0,05 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,682. (2) Religiusitas berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan menabung dengan nilai thitung sebesar 0,333 dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,741 tersebut lebih besar dari 0,05 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,682. (3) Kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan nilai thitung sebesar 2,122 dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,040 tersebut lebih kecil dari 0,05 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,682. (4) Kesadaran halal, religiusitas dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan uji F (uji secara simultan) dipeorleh nilai Fhitung sebesar 651,507dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,000 tersebut lebih kecil dari 0,05 sedangkan nilai Ftabel sebesar 2,85.
Kata Kunci : Kesadaran Halal, Religiusitas, Kepercayaan, Keputusan Menabung
Â
Full Text:
PDFReferences
Abdul Aziz, Y. & Vui, C. N. 2008. The role of Halal awareness and Halal certification in influencing non-Muslim‟s purchasing intention. Paper presented at 3rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012).
Abhi Mantra, dkk. 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) Dalam Memilih Menabung Pada Bank Syariah. Fakultas Ekonomi, Universita Gunadharma.
Ahmad, N. A., Abaidah, T.N., & Abu Yahya, M. H. 2008. A study on halal food awareness among Muslim customers in Klang Valley.4thInternational Conference on Business and Economic Research, Bandung, Indonesia, paper.
Ajzen, I.1988. Attitudes, personality, and behavior. Milton Keynes: Open University Press.
Aliman, N.K. dan Othman, M.N. 2007. Purchasing Local and Foreign Brands: What Product Attributes Metter? Proceedings of the 13th Asia Pacific Management Conference, Melbourne, Australia.
Anny Ratnawati.dkk.2005.Bank Syariah Potensi Prefensi & Prilaku Masyarakat di Jawa Barat, Lembaga Penelitian IPB.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Bank Indonesia dan Pusat Penelitian Kajian Pembangunan Lembaga Penelitian Universitas Diponegoro. 2000. Penelitian Potensi, Preferensi, dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syariah di Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Semarang: BI dan PPKP Lembaga Penelitian Universitas Diponegoro.
Barnes, James G. 2003. Secrets Of Customer Relationship Management, ANDI, Yogyakarta.
Bilondatu, Machrani Rinandha. 2008. “Motivasi, Persepsi, Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Di Minahasaâ€. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (EMBA). Universitas Sam Ratulangi Manado.
Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alvabeta: Bandung.
Departemen Agama RI, Alqur‟an dan Terjemahannya. CV. Asy Syifa’: Semarang.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Ghufron, M.N & Risnawita, R.S. 2008. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz.
Glock. Charles and Stark, Rodney. 1968. American Piety, Patterns of Religious Commitment. Berkeley/Los Angeles: University of Califomia Press.
Ika Ratna, Q.R. Ahmad Roziq, & Nur Hisammudin. 2008. Pengaruh Tingkat kepercayaan, Bagi Hasil, Kesesuaian Hukum Syariah, Reputasi Bank, dan Perolehan Informasi Terhadap Keinginan Menambah Tabungan Mudharabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang jember. Fakultas Ekonomi, Universitas Jember (UNEJ).
Jailani, Norrochman. 2008. Hubungan Antara Religiusitas Dengan Perilaku Dissaving Pada Ibu PKK Aktif Kecamatan Karangan, Kabupaten Tenggralek. Malang: Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya.
Jalaluddin. 2008. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jazim Hamidi, et al. 2000. “Persepsi dan Sikap Masyarakat Santri Jawa Timur terhadap Bank Syariahâ€, Penelitian dilakukan atas kerjasama BI dan Universitas Brawijaya Malang.
Kusmayadi,Tatang. 2007.Pengaruh rela-tionship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan, Skripsi, STIE STAN Indonesia mandiri.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Erlangga : Jakarta.
Muchlis. 2008. Perilaku menabung di Perbankan Syariah Jawa Tengah. Tesis Magister pada Universitas Diponegoro Semarang.
M. Syukri Albani Nasution. 2008. Filsafat Hukum Islam. PT Raja Grasindo Persada : Jakarta.
Nasir, M. 2005. Metode Penelitian. Cetakan ke-6. Ghalia Indonesia. Bogor.
Nikmah, Zahrotun. 2008. Pengaruh Dimensi Religiusitas Masyarakat Santri Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Terhadap Minat Menabung (Studi Kasus Pada BPRS Artha Mas Abadi). Semarang: Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo.
Nursanti, W., & Tielung, M. 2007. The Effects Of Halal (Permissible) Food Labeling On Islam Customer Purchase Decision In Solaria Restaurant Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Prasolova-Førland, E, and Divitini, M. 2003. "Collaborative Virtual Environments for Supporting Learning Communities: an Experience of Use", in proc. of the International ACM Conference on Supporting Group Work (GROUP, 2003), 9-12 November 2003, Sanibel Island, USA. ACM Press.
Rakhmat, Jalaluddin.2008. Psikologi Komunikasi. Rosdakarya. Bandung.
Schiffiman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Indeks. Jakarta.
Sahlan, Asmaun. 2008. Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret Tradisi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Shaari dan Arifin. 2008. Dimensions of halal purchase intention: A preliminary study. International Review of Business Research Papers.
Simorangkir. 2004. Pengantar Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank. Cetakan kedua. Ghalia Indonesia.
Suetha. 2003. Transaksi nasabah di Perbankan Syariah Jawa Tengah, Universitas Diponegoro, Jawa Tengah.
Suhendi Hendi, dk. 2004.BMT dan Bank Islam. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan kedelapan. CV Alfabeta. Bandung.
_____. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan kedelapan. Alfabeta. Bandung.
_____. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke empat belas. CV Alfabeta. Bandung.
Syukri. M. Albani Nasution. 2008. Filsafat Hukum Islam. PT Raja Grasindo Persada. Jakarta.
Umar,H.2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. PT Ghalia Indonesia. Jakarta.
Veithzal Rivai dan Jauvani Sagala. 2009. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Yunuz M., Rashid W., Ariffin M., & RasyidM. 2008. Muslim‟s PurchaseIntention Towards Non-Muslim‟s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia-Social And Behavioral Sciences.
DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v9i02.1188
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.