ANALISIS MOTIVASI, KOMPENSASI DAN STATUS KERJA TERHADAP KETERIKATAN KERJA KARYAWAN STUDI PADA PT. KARYA CANGGIH MANDIRI UTAMA

Dhel Juni Pasya

Abstract


Keterikatan kerja dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal mengacu pada individu karyawan, sedangkan faktor eksternal mengacu pada aspek di luar diri individu, yaitu aspek fisik, sosial dan organisasional dari pekerjaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh meliputi motivasi, kompensasi dan status kerja terhadap keterikatan kerja.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya kinerja pegawai. Penelitian ini terdiri dari 4 variabel, meliputi motivasi (X1), kompensasi (X2) dan status kerja (3)  sebagai variabel bebas, dan keterikatan kerja (Y) sebagai variabel terikat.  Dalam analisis datanya, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model analisis regresi linear sederhana.  Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 140 yang merupakan seluruh Pegawai Karya Canggih Mandiri utama, dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner, dokumentasi, dan wawancara.

 

Berdasarkan hasil analisis data telah didapat Nilai R squere sebesar 0,167 yang berarti secara bersama-sama variabel bebas motivas(X1), kompensasi (X2) dan Status kerja (X3) memberikan kontribusi pengaruh terhadap (variasi nilai) Variabel Keterikatan Kerja (Y) pada PT. Karya Canggih Mandiri Utama sebesar 16,7%, sedangkan sebesar 83,3 % disebabkan variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam model.


Full Text:

PDF

References


Hasibuan, M. S.P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Macey, W.H., Schneider, B., Barbera, K.M & Young, S.A. (2009). Employee Engagement: Tools for Analysis, Practice, and Competitive Advantage. USA: John Wiley & Sons

Ruky, Achmad, S.,b 2001. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sunyoto, Suyanto 2011. Analisis regresi untuk uji hipotesis, Yogyakarta. Caps

Sugiyono, 2000, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta.

Uma Sekaran, 2006, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v9i02.1190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.