PELAKSANAAN PENGEMBANGAN PRODUK DAN SALURAN DISTRIBUSI GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI TAHU JAYA SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH

Arohman Arohman, Kohar Kohar

Abstract


Pengembangan produk merupakan sekumpulan aktivitas yang dimulai dengan mengidentifikasi peluang pasar dan diakhiri dengan kegiatan produksi, penjualan, dan pengiriman produk . Untuk tetap mampu bersaing dalam dunia industri, perusahaan tidak hanya memerlukan pengembangan produk saja melainkan perlu meningkatkan produktivitas kerja. Perancangan alat bantu dalam proses produksi menghasilkan manfaat yang cukup signifikan dalam proses produksi. Masalah penelitian ini adalah jumlah konsumen pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung fluktuatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh pengembangan produk dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung. Tujuan penelitian ini adalah Ingin mengetahui  Apakah ada pengaruh pengembangan produk dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung. Dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi dan kuesioner. populasi dalam  penelitian ini adalah  karyawan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung yang berjumlah 15 Orang karyawan. Dalam penelitian ini maka jumlah sampel yang dibutuhkan peneliti adalah 15 orang karyawan.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan perhitungan didapat nilai t-hitung Pengembangan Produk  (X1) sebesar 1,427 > t-tabel (0,699), yang berarti terdapat pengaruh Kompensasi  (X1) terhadap Volume Penjualan  (Y), dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan nilai t-hitung Saluran Distribusi (X2) sebesar 2,716 > t-tabel (0,699) yang berarti terdapat pengaruh  Saluran Distribusi   (X2) terhadap Volume Penjualan  (Y), dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak.  Nilai r-square sebesar 0,692 sehingga dapat disimpulkan bahwa, Pengembangan Produk  dan Saluran Distribusi memberikan kontribusi sebesar 69,2% terhadap volume penjualan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung  dan sisanya sebesar 30,8% dijelaskan atau dipengaruhi faktor lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Assauri, 2016. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Basu Swasta dan iriawan . 2016. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Feby Sariyoni, 2016. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE.

Hendri Siswanto. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Yogyakarta: Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, 2017. Manajemen Pemasaran Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Repo Utama. 2016. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sujana, 2015. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Henry Simamora. 2017. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media

Suharsimi Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian. Jakarta: CV. Rineka Cipta.

Laksana . 2016. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Gramedia

Swastha dan Irawan. 2017. Manajemen Pemasaran, Terjemahan. Yogyakarta : Penerbit Andi

Tjiptono, Fandy; Chandra, Gregorius. 2012. Service, Quality, Satisfaction. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy; Chandra, Gregorius Julid 2. 2017. Service, Quality, Satisfaction. Yogyakarta : Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v10i01.1245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.