ANALISIS PENGARUH ONLINE SHOP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA FEB UMPRI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2016)

Arohman Arohman, Nabila Cahya Vianda

Abstract


Abstrak

Perilaku konsumtif merupakan tindakan individu sebagai konsumen untuk membeli, menggunakan suatu barang atau jasa secara berlebihan, tidak rasional, menimbulkan pemborosan dan hanya mengutamakan keinginan atau kesenangan saja tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan manfaat dari suatu barang atau jasa tersebut. Bahkan hanya untuk memperoleh pengakuan sosial, mengikuti tren atau kepuasan pribadi. Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku konsumtif mahasiswa FEB UMPRI tinggi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakahonline shop berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB UMPRI?. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah Online Shop berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa FEB UMPRI . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Instrument penelitian menggunakan alat bantu berupa kuesioner dan diukur dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB UMPRI angkatan 2016 yang berjumlah 130 mahasiswa. Dengan sampel yang diambil sebanyak 26 mahasiswa FEB UMPRI angkatan 2016. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana.Berdasarkan  hasil penghitungan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, ternyata hipotesis yang diajukandapat diterima yaitu Online Shop berpengaruh terhadap Perilaku KonsumtifPada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu Angakatan 2016.Hal ini dibuktikan dengan Nilai t-hitung Online Shop  (X) sebesar 4,173> t-tabel (0,684), dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak.Hasil perhitungan regresi linear Sederhana didapat nilai r-square sebesar 0,473 sehingga dapat disimpulkan bahwa Perilaku Konsumtifmahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu mampu dijelaskan sebesar 47,3% oleh variabel Online Shop. Dengan kata lain, variabel Online Shop memberikan kontribusi sebesar 47,3% terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu dan sisanya sebesar 52,7% dijelaskan atau dipengaruhi faktor lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2017).Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bambang Setia Wibowo. (2018). Pengaruh Instagram Online Store, Konformitas dan Iklan Televisi Terhadap Perilaku Konsumtif Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Hedonis Mahasiswa. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi, vol. 9 no.1

Deky Pariadi. (2018). Pengawasan E-Commerce Dalam Undang-Undang Perdagangan Dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Jurnal Hukum & Pembangunan Vol.48 No.3

Meike Yalinda, Totok S. (2016). Faktor yang Mendorong Perilaku Konsumtif Siswa SMA di Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Pendidikan, Vol. 01 No. 04

Nurhayati. (2017). Belanja “Online†Sebagai Cara Belanja Dikalangan Mahasiswa. Aceh Anthropological Journal Volume 1 No. 2

Sarwandi. (2016). Toko Online Modern Dengan Opencart, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sofia Miranda. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. JOM FISIP, Vol. 4 No. 1

Sri Yuniarti, Vinna. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik, Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.

. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D, Bandung: Alfabeta.

. (2013). Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta

Sujarweni, wiratna v. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi, Yogyakarta: Pustakabarupress.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v11i2.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.