OPTIMALISASI LAYANAN KASIR UNTUK MEMINIMALISIR BIAYA
Abstract
Sistem pelayanan khususnya yang berkaitan dengan pelayanan pelanggan, suatu institusi dihadapkan pada permasalahan bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Pada suatu sistem pelayanan, umumnya terdapat antrian pelanggan yang meminta untuk dilayani. Dalam teori penelitian operasi, terdapat salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah antrian, yaitu model antrian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jawaban permasalahan antrian supermarket Chandra di Pringsewu yaitu PSFJ. Dalam konteks itu pula, permasalahan yang selalu muncul adalah apakah fasilitas tersebut mencukupi secara ekonomi, jika tidak ada sistem improcement maka biayanya akan lebih rendah atau tidak.
Keywords
Optimalisasi layanan; antrian; minimalisir biaya
Full Text:
UntitledReferences
Aminudin, 2005, Prinsip-Prinsip Riset Operasi, Erlangga, Jakarta.
Heizer, J. Render B. 2001. Operation Management. Sixt Edition. Prenticre Hall Inc. New
Jerse. USA.
Hillier & Lieberman. 2008. Operation Research Eighth Edition. Andi Offset. Yogjakarta.
Siswanto. 2009. Operationbs Research. Erlangga. Jakarta.
Taha, Hamdy A. 2006. Riset Operasi Suatu Pengantar. Bina Rupa Aksara. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v15i01.2461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.