KEGAGALAN PENGOBATAN PADA PASIEN TB DI RUMAH SAKIT FAILURE IN THE TREATMENT TUBERCULOSIS IN HOSPITAL

Elmi Nuryati, Kaminah Panjaitan

Abstract


Penyakit Tuberkulosis Paru adalah salah satu penyakit infeksi yang menular dan sampai sekarang masih menjdi masalah di Indonesia. Keberhasilan DOTS dalam program pengobatan tuberculosis paru, dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah pengetahuan pasien, terlaksananya peran PMO (Pengawas Menelan Obat) dengan baik dan partisipasi aktif dari peran petugas kesehatan. tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh peran petugas kesehatan dengan kegagalan pengobatan pada pasien Tuberkulosis (TB). Desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien penderitan TB yang menjalani pengobatan TB di Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah total populasi sebanyak 30 responden dengan tekhnik Purpossive sampling.

Analisis data dengan uji Chi Square Dari hasil uji statistik tidak ada hubungan pengetahuan (0,113), peran PMO (0,675), dan peran petugas (0,570). Diharapkan kepada petugas kesehatan,agar lebih aktif dalam menangani pasien TB paru dalam memberikan penyuluhan kepada pasien dan PMO, agar dapat menurunkan angka putus berobat pasien.


Keywords


Pengetahuan, peran, PMO , petugas kesehatan t, kegagalan pengobatan

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta: Ditjen P2M dan PLP Departemen Kesehatan RI; 2002.

Kemenkes RI. Modul Pelatihan Nasional penanggulangan Tuberkulosis bagi Petugas TB di Sarana Pelayanan Kesehatan (SPK). In: RI K, editor. Jakarta: Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan; 2009.

Kemenkes RI. Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis. In: RI K, editor. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, 20112011.

Notoadmodjo. Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Maryun Yayun. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petugas Program TB Paru Terhadap Cakupan Penemuan Kasus Baru BTA (+) di Kota Tasikmalaya. Semarang: Universitas Diponegoro; 2006.

Girsang M. Pengobatan standar Penderita TB paru. Medical Journal Indonesia. 2002;11:190 – 4.

Bagoes. Pengaruh karakteristik pengetahuan dan sikap petugas pemegang program Tuberkulosis Paru di Puskesmas terhadap Penemuan suspek TB paru di Kabupaten Blora. Jurnal Kesehatan Indonesia 2005;1. Promosi

Akhmad S. Motivasi Masyarakat Berkunjung Ke Pelayanan Kesehatan. 2008.




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v3i6.1049

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats