PENGETAHUAN IBU DENGAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN)

Desi Kurniawati

Abstract


Toilet training merupakan suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil atau buang air besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun) di desa Bandung Baru Barat Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu tahun 2015. Desain penelitian menggunakan Descriptif Analitik Korelasidengan metode pendekatan Cross Sectional. Populasi terdiri dari ibu yang memiliki anak usia toddler (1-3 tahun) yaitu 111 ibu, dan sampel yang diambil sebanyak 96 orang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji Chi Square.Hasil uji statistik diperoleh nilai p-value < α maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan pelaksanaan toilet training. Bagi ibu yang memiliki anak usiatoddler (1-3 tahun) diharapkan lebih aktif dalam mencari informasi mengenai toilet training baik bertanya kepada petugas kesehatan, membaca buku atau majalah yang berkaitan dengan toilet training serta dapat mengakses informasi melalui televisi dan radio

Keywords


Pengetahuan, toilet training, toddler

Full Text:

PDF

References


Hidayat, Aziz Alimul. 2012. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Istichomah. 2010. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Asuh Dengan Pelaksanaan Toilet Training Secara Mandiri Pada Anak Usia Todler Di TPA Citra RSU Rajawali Citra Bantul. Suara Medika.

Lestari. 2013. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training dengan Perilaku Ibu Dalam Pengguanaan Diapers pada Anak Usia Toddlers (1-3 tahun) di Kelurahan Putat Purwodadi. Semarang : Universitas Telogorejo Semarang.

Natalia, S. 2010. Pengaruh Toilet Training Terutama Cara cebok Dari Depan Kebelakang Terhadap Berkurangnya Kejadian ISK Berulang. Semarang : Universitas Diponegoro.

Notoatmodjo, S. 2007. Buku Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam, dkk. 2008. Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (Untuk Perawat dan Bidan). Jakarta: Salemba Medika.

Pusparini. 2010. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Toilet Training dengan Perilaku Ibu dalam Melatih Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Desa Kadokan Sukoharjo. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Priyoto. 2014. Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Saryono. 2011. Metodologi Penelitian Kebidanan. Jakarta : Nuha Medika.

Soedjiningsih. 2008. Prevalensi dan Faktor Risiko Enuresis Pada Anak Taman Kanak-kanak di Kotamadya Denpasar. Denpasar : Fakultas Kedokteran Udayana.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta : EGC.

Suririnah. 2010. Buku Pintar Merawat Anak dan Balita. Jakarta: Gramedia.

Syahid. 2009. Hubungan Tingkat Pengatahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Penerapan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler Di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang. Semarang : Universitas Muhammadiyah Semarang.

Warner, P. 2007. Mengajari Anak Pergi ke Toilet. Jakarta: Arcan




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v7i1.1087

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats