PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PUZZLE DALAM MENGENAL ANGKA

Seventina Nurul Hidayah, Nilatul Izah, Iroma Maulida

Abstract


Mengenal angka salah satu mata ajar wajib untuk anak prasekolah. Orang tua perlu memberikan  media ajar sesuai kebutuhan. Tetapi di era sekarang sering ditemui orang tua yang membelikan gawai. Padahal anak pada fase perkembangan dan belajar yang terbaik adalah dengan benda nyata. Salah satu APE dalam mengenalkan angka berbentuk papan puzzle menarik ini dapat mengenalkan simbol angka kepada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi objektif kemampuan mengenal angka, mengetahui langkah-langkah penerapan media papan puzzle.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch). Subyek penelitian adalah siswa pecandu gawai di Homeschooling ABCD kota Tegal. Desain penelitian melalui tahapan menyusun perencanaan (plan),pelaksanaan dan pengamatan (act and observe) dan refleksi (reflect). Hasil penelitian didapatkan bahwa anak tertarik belajar mengenal angka dengan APE papan puzzle dan meningkat kemampuan pengenalan angkanya, diharapkan sekolah menambah media interaktif yang lebih menarik  sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kecerdasan anak.

 


Keywords


Papan Puzzle, Angka, Anak Pra Sekolah

Full Text:

PDF

References


Balitbang Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI

Daryanto.(2012). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Fitriyanti. (2015). Meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 – 10 dengan media gambar asosiatif di kelompok B TK Budi Rahayu. Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Gunawan MAA, (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto Banyumanik Semarang. Tidak dipublikasikan, UNDIP

Laili U, (2017). Influence Of Gawai On Social Personal Of Early JURNAL KEBIDANAN Vol. 8 No. 1 October 2018 p- ISSN.2089-7669 e-ISSN. 2621-2870 64 Childhood. Proceeding of Surabaya International Health Conference, Juli 13-14, 2017

Nabila, Sarah dan Lisiswanti, Rika, (2017). Dampak Eksposur Layar Monitor Terhadap Gangguan Tidur Daan Tingkat Obesitas Pada Anak-Anak. Jurnal Majority, Vol.6 No.2 Maret 2017 Hal.73-78

Satori, Djam’an dan Aan Komariah, (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :Alfabeta.

Warisyah, Y. (2015). Pentingnya Pendamping Dialogis Orang Tua Dalam Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional Diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Yogyakarta, Tanggal 7 November




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v10i2.1470

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats