HUBUNGAN ASUPAN MAKANAN DENGAN KECUKUPAN ASI PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS REJOSARI

Desi Ari Madiyanti, Tiara ., Ayu Agustin

Abstract


Air Susu Ibu merupakan sumber makanan yang tepat untuk bayi terutama pada bulan-bulan pertama yang mengandung berbagai zat gizi yang penting diperlukan bayi untuk membangun dan menyediakan energi. Faktor yang mempengaruhi produksi ASI ibu tidak keluar dengan lancar antara lain makanan, ketenangan jiwa, penggunaan kontrasepsi, perawatan payudara, istirahat, anaotomi payudara, isapan bayi. Salah satu faktor yang mempengaruhi dari produksi ASI adalah makanan, sehingga ibu dianjurkan untuk tetap makan sesuai dengan kebutuhan selama menyusui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan asupan makanan dengan kecukupan asi pada ibu menyusui. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu menyusui bayi umur 0-6 bulan, yaitu 135 ibu. Teknik sampling yang di gunakan pada penelitian adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden.Hasil analisa bivariat diketahuiada hubungan asupan makanan dengan kecukupan asi pada ibu menyusui di wilayah kerja Puskesmas Rejosari Kabupaten Pringsewu, denganp-value = 0,000 <α = 0,05. 2. Saran bagi instansi peneliti menyarankan kepada tenaga kesehatan agar meningkatkan peran dalam penyuluhan pada ibu menyusui tentang pentingnya mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ASI dan kecukupan ASI pada bayi.

Keywords


Asupan makan ibu menyusui, kecukupan asi

Full Text:

PDF

References


Anita Rahmawati, B. P. (2017). Analisis faktor yang mempengaruhi produksi air susu ibu (asi) pada ibu menyusui yang bekerja. Jurnal Ners dan Kebidanan, 4. doi:DOI: 10.26699/jnk.v4i2.ART.p134-140

Bahiyatun, S. P. S. S. T. (2009). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Normal: Egc.

Balitbangkes. (2019). Laporan Nasional RISKESDAS 2018.

Damanik, V. A. (2020). Hubungan perawatan payudara dengan kelancaran asi pada ibu nifas. Jurnal Keperawatan Priority, 3.

DeMedia, T. (2010). Menu Sehat untuk Ibu Menyusui: DeMedia.

Dewi, A. D. C. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran produksi asi. Jurnal ‘Aisyiyah Medika, Volume 4.

Dr. Hj. Utami Rusli, S. A. M. B. A. I. Inisiasi Menyusui Dini Plus ASI Eksklusif: Puspa Swara.

Dr. Merryana Adriani, S. K. M. M. K. (2016). Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan: Prenada Media.

Dwi, A. (2016). Hubungan Sosial Budaya Dengan Konsumsi Sumber Protein Pada Ibu Nifas Di BPS Suumiati Gribing Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, volume 7.

Elita Endah, W. O. (2014). Hubungan Asupan Gizi Ibu Menyusui Dengan Produksi ASI Pada Bayi Usia 0-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmass Mojopangguang Kelurahan Penataran Bayuwangi. Healthy, Vol 3.

Evy Tri Susanti, W. T. A., Erni Setyawati. (2015). Pengetahuan ibu menyusui tentang kebutuhan nutrisi ibu menyusui. JURNAL KEPERAWATAN, Volume 1.

Fitriani Ningsih1, R. M. L. (2019). Hubungan Perawatan Payudara Dan Frekuensi Menyusui Dengan Produksi Asi. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, Vol 10. doi:https://doi.org/10.33859/dksm.v10i2

Ika Nurhayati1, I. M., Adevia Maulida Chikmah3. (2014). Hubungan pola nutrisi pada ibu nifas dengan kecukupan asi pada bayi di desa mejasem timur kecamatan kramat kabupaten tegal tahun 2013. journal research midwifery politeknik tegal, 3. doi:http://dx.doi.org/10.30591/siklus.v3i1.175

Iman Jauhari, R. F. B. (2018). Perlindungan Hak Anak terhadap Pemberian Air Susu Ibu (ASI): Deepublish.

Indivara, N., & Anggrek, P. (2009). 200 Tips Ibu Smart Anak Sehat: Galangpress Publisher.

Irma Imasrani, N. U., Susmini. (2016). Kaitan pola makan seimbang dengan produksiasi ibu menyusui. Jurnal Care, Vol. 4.

Kamariyah, N. (2014). Kondisi psikologi mempengaruhi produksi asi ibu menyusui di bps aski pakis sido kumpul surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7.

La Ode Alifariki, A. K., Ida Mardhia Afrini. (2020 ). Penggunaan Kontrasepsi Hormonal dan Produksi Air Susu Ibu di Puskesmas Poasia. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11.doi:http://dx.doi.org/10.33846/sf11119

Lien Meilya Muriasti Prastiyani, N. (2019). Hubungan Antara Asupan Protein Dan Kadar Protein Air Susu Ibu. Journal Of Nutrition College, 8.

Ni Kadek Radharisnawati, R. k., Linnie Pondang. (2017). Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Gizi Ibu Dengan Kelancaran ASI pada Ibu Menyusui di Puskesmas Bahu Kota Manado. e-jurnal keperawatan (e-Kp), volume 5.

permatasari, E. (2015). Hubungan asupan gizi dengan produksi asi pada ibu yang menyusui bayi umur 0-6 bulan di puskesmas sewon i bantul yogyakarta. Naskah publikasi.

Pujiastuti, N. (2010b). Korelasi antara status gizi ibu menyusui dengan kecukupan asi di posyandu desa karang kedawang kecamatan sooko kabupaten mojokerto. Jurnal Keperawatan, Volume 1.

Radharisnawati, R. K., Linnie Pondaag. (2017). Hubungan pemenuhan kebutuhan gizi ibu dengan kelancaran air susu ibu (asi) pada ibu menyusui di puskesmas bahu kota manado. e-journal Keperawatan (e-Kp), Volume 5.

Ratih Sakti Prastiwi, M. Q., Iroma Maulida,Novia Ludha, Riska Arsita. (2018). Peningkatan Persepsi Kecukupan ASI Pada Ibu Menyusui. Jurnal Abdimas PHB, Vol 1 (No 1).

Rayhana, S. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi asi dengan kecukupan asi. Jurnal iilmiah mahasiswa fakultas keperawatan, Vol. 2.

Riana Angriani1, E. S. d. Z. L. (2018). Hubungan frekuensi menyusui dengan kelancaran produksi asi ibu post partum di wilayah kerja puskesmas peusangan selatan kabupaten bireuen provinsi aceh tahun 2017. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan, 2.




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v11i2.1754

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats